Push email kantor biasanya lebih rumit kenapa? karena account email umum (gmail, yahoo dll) bisa diakses kapan saja dan dimana saja, sedangkan kalau kita bisa akses email kantor artinya kita bisa masuk jaringan intranet kantor, dan ini sangat berbahaya jika semua orang bisa masuk/login. Untuk mengakali hal tsb diatas biasanya digunakan software dan perangkat khusus sehingga kita bisa masuk ke jaringan intranet kantor (hanya orang2 yg punya software dan perangkat khusus itulah yg bisa login). Tetapi itu tergantung kebijakan dept IT perusahaan masing-masing.

Tanya – uci sanusi

Milister,

Apakah sy bisa diberikan steps utk membuat push email dari imel kantor berbasis outlook express ke dalam imel bawaan hape, misal sony ericsson.

Tanggapan 1 – Yulistana PN

Pak Uci,

Seperti yg sudah rekan2 sebutkan…parameter yg terpenting yaitu Incoming server port (POP3) dan Outgoing (SMTP), ditambah lagi dengan username and password nya.
Trus di hape SE nya diset email client dengan data2 POP3 and SMTP yg ada. Biasanya di menu Messaging > Email > Setting > New account.
Kebetulan saya menggunakan SE P1 dan K770 dan imel kantor saya set juga dihape, tapi tidak di push,,hemat pulsa.
Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Mico Siahaan

Pak Yulistana,

Perlu diluruskan dulu nih. Yang diingikan adalah push email atau pull email. Yang rekan-rekan deskripsikan mayoritas adalah pull email alias menarik email dari mail server kantor ke dalam HP. Untuk pull email yang perlu dilakukan adalah setting nama dan port POP/IMAP server di HP.

Untuk push email (seperti layanan Blackberry) setahu saya nggak semudah itu. Kita perlu mendaftar dulu ke penyedia push email seperti Blackberry atau alternatifnya seperti Funambol (www.funambol.com). Penyedia layanan push email ini kemudian yang akan menarik email dari mail server kantor kemudian mem-push email ke HP. CMIIW.

Alternatif lain yang saya pakai. Saya gunakan gmail untuk menarik email dari server kantor. Kemudian saya download Gmail mobile dan install di HP. Dari HP dengan konek ke Gmail maka akan bisa membaca email kantor.

Tanggapan 3 – Afda Rizki

Bang Mico,

Menarik nih , apakah ini cuma buat membaca mail kantor saja? Jika ingin reply mail apakah yang kepake/muncul domain gmail.com apa domain mail kantor ?

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Mei 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: