Saya ada kendala mengenai hoop stress pada piping sistem, apakah hoop stress suatu piping sistem di report kan oleh caesar, kalo ada di bagian menu apa?? Sebelumnya saya mengira bahwa hoop stress, karena termasuk dalam beban sustain dia termasuk yang dijumlahkan dan di reportkan (tergantung dari case yang dipakai) bersama-sama dengan beban longitudinal dan torsional, namun ketika saya mencoba untuk memodelkan suatu sistem sederhana dan membandingkan dengan perhitungan manual, semua beban baik longitudinal maupun torsional hasilnya mendekati antara perhitungan caesar dengan perhitungan manual yang saya buat dengan perumusan yang sudah ada, akan tetapi saya tidak menemukan hoop stress nya di caesar., mohon pencerahannya.

Tanya – `sigit widodo

Dear Bpk2 sekalian, saya ada kendala mengenai hoop stress pada piping sistem, apakah hoop stress suatu piping sistem di report kan oleh caesar, kalo ada di bagian menu apa?? Sebelumnya saya mengira bahwa hoop stress, karena termasuk dalam beban sustain dia termasuk yang dijumlahkan dan di reportkan (tergantung dari case yang dipakai) bersama-sama dengan beban longitudinal dan torsional, namun ketika saya mencoba untuk memodelkan suatu sistem sederhana dan membandingkan dengan perhitungan manual, semua beban baik longitudinal maupun torsional hasilnya mendekati antara perhitungan caesar dengan perhitungan manual yang saya buat dengan perumusan yang sudah ada, akan tetapi saya tidak menemukan hoop stress nya di caesar., mohon pencerahannya. . .

kemudian satu lagi, apakah dalam suatu epc project sering dilakukan analisa dynamic untuk kemungkinan water hammer, slug flow ataupun relief valve, lagi-lagi mohon pencerahannya. . .:).

tanggapan 1 – Widiyo, Wawan@petrofac

Iya pak, hoop stress output report-nya ada di Ceasar, coba refer ke Stress extended.

Water hammer, slug flow, relief valve biasanya di analisa dynamis karena ada parameter Force & Time.

Untuk relieve valve, kalau reaction force di relieve valve sudah given atau bisa meng-kalkulasi, bisa dimodelkan dengan model static.
Pengalaman ikut kontraktor Jepun dimodelkan seperti itu, reaction force.

Di impose ke PRV saat operating case (with flow) kecuali untuk spare PRV. Pada design case (no flow) di modelkan tanpa reaction force.

Tanggapan 2 – andigad@technip

Dear Pak Sigit,

Kalau boleh tau bapak menggunakan CAESAR versi brp?

Di caesarII versi 4.5 seharusnya hasil hoop stress ada di static output—-> stress.

Kalau untuk dynamic analysis tergantung client atau piping stress specification-nya.

Tanggapan 3 – yose ma’ruf

Pak Widiyo,

Maksudnya ‘with flow’ pada ‘di impose ke PRV saat operating case (with flow) kecuali untuk spare
PRV. Pada design case (no flow) di modelkan tanpa reaction force’, itu apa ya Pak Wawan ?

Tanggapan 4 – Budi Arman

Mas Yose,

Kebiasaan dulu sih.. dalam bikin laporan kita ga pernah menampilkan specific hoop stress report per nodal.. karena dalam suatu paket kalkulasi harga hoop stress nya hampir sama. Pada prinsipnya hoop stress kan buat nge test kecukupan dari Tebalnya pipa thd pressure.. jadi cukup dilihat pada Stress summary report nya…

Klo ga salah sih.. berdasarkan ASME B31.X harga hoop stress tsb buat diinformasikan ke orang construction, apakah perlu di PWHT ato ga nya ( un-PWHT < 20% < PWHT <100% ). atau buat keperluan analysa branch connecting ato boleh tidaknya di bikin mitter.. (CMIIW).

Klo untuk pemodelan analysa dinamis,, sebaiknya pahami dulu dari manual guidenya.. sepertinya disana sudah detail… tp klo susah pake analysa statis aja… cari gampang aja :), lagian butuh waktu lama lho klo perlunya urgent mendingan di becakin aja analysa dinamysnya hehehe…

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: