Ceramic coating tidak dispesifikasikan menahan impact, tapi untuk rekondisi & surface lining dengan kemampuan menahan friction. Bisa dilihat spec dr Belzona. Corroserv mengeluarkan material coating yg bisa menahan impact. Dari demonya memang bisa menahan s/d batas tertentu. (setelah dibentuk spt pipa 1′ dan dijatuhi plat yg ditumpuki kursi diatasnya, memang bisa menahan). Tapi memang tidak bisa menyamai kemampuan hardox, karena aplikasinya beda. Atau bisa dilihat juga sulfinert coating dari restek, karena base metal akan absorp coating ini s/d kedalaman tertentu.

Tanya – Sadikin, Indera

Dear rekan2 milis,

Mohon infonya apakah ada yang tahu atau pernah menggunakan coating ceramic untuk wear-resistance dan impact-resistance? Kira2 fungsinya seperti wear-plate (hardox TM dan sejenisnya) tapi cukup dengan coating. Thanks sebelumnya.

Tanggapan 1 – murdono benedictus

Kalau tidak salah kami pernah kontak suprabakti mandiri untuk meminta penjelasan mengenai ceramic lining ini – kebetulan mereka jualan juga. Mungkin bapak bs kontak mereka untuk melakukan hal yg sama.

Tanggapan 2 – bobe@sebukuiron

Mas Indra,

Saya ada kenalan mengenai topik /pertanyaan anda.
buka aja WWW.beltcare.com, service , service protection.
Atau telp langsung ke pak Zulkifli 08128581616, 021 65831666.
Apa yang di tanyakan tentang wear resistance / impact resistance mereka
sangat berpengalaman.
Demikian.

Tanggapan 3 – Erni

Pak Indera,

Coba hubungi

PT. MATCO PRIMA

Email: matcopri@rad.net.id

Tanggapan 4 – rudy

Dear P.Indra,

Untuk ceramic coating memang tdk di spesifikasikan menahan impact, tp untuk rekondisi & surface lining dengan kemampuan menahan friction. Bisa dilihat spec dr Belzona. Yg sy tahu, Corroserv mengeluarkan material coating yg bs menahan impact. Dr demo nya memang bs menahan s/d batas tertentu. (setelah dibentuk spt pipa 1” dan dijatuhi plat yg ditumpuki kursi diatasnya, memang bisa menahan).
Tp memang tidak bakalan bs menyamai kemampuan hardox, krn aplikasinya beda. Atau bs dilihat jg sulfinert coating dr restek, krn base metal akan absorp coating ini s/d kedalaman ttt. Kalo bs share aplikasinya buat apa dan pd material/brg apa mungkin sy bs share yg lbh spesifik.

Tanggapan 5 – Sadikin, Indera

Dear rekan2 semua,

Terima kasih atas masukannya. Saya sudah kontak Supra kemarin seperti yang direferensikan. Saat ini masih sedang didiskusikan dengan pihak Supra.
Untuk Pak Rudy, aplikasinya untuk melapisi bagian dalam cone cleaner tipe siklon. Yang sebelumnya suka habis dindingnya karena abrasive. Kira2 solusi yang ekonomis apa ya pak? Thanks sebelumnya.

Tanggapan 6 – rudy alfiyansyah

Dear P.Indera,

Kalau untuk cyclone cleaner cone, asumsi sy diperuntukkan menahan water/sand abrasion. Untuk aplikasi ini setahu saya adalah makanan sehari-hari produk-produk polymer elastomer. Sebab selain cukup efektif, penggunaan produk jenis ini untuk aplikasi tsb, downtime cost nya paling kecil. Untuk detil teknis dan preliminary analysis, bapak bisa menghubungi Bp.Jefri (Belzona) di 08123548116.