Bagaimana caranya meng-convert file dari MS Project 2003 / 2007 ke Primavera P3 (baik itu 3.0 maupun 3.1). Setahu saya di MS Project 2003/2007 tidak ada fasilitas .MPX-nya. Dan apabila kita ingin meng-convert berikut WBS struktur yang ada di MS Project 2003 / 2007 bagaimana caranya. Sebagai input file untuk MS Project 2007 adalah bukan .mpp

Tanya – Irviantanto Hadiprasetyo

Mohon pencerahannya.

Bagaimana caranya meng-convert file dari MS Project 2003 / 2007 ke Primavera P3 (baik itu 3.0 maupun 3.1). Setahu saya di MS Project 2003/2007 tidak ada fasilitas .MPX-nya. Dan apabila kita ingin meng-convert berikut WBS struktur yang ada di MS Project 2003 / 2007 bagaimana caranya. Sebagai input file untuk MS Project 2007 adalah bukan .mpp
Terima kasih.

Tanggapan 1 – Cahyo Laksono Hadinoto

Siang Pak Irviantanto,

Dulu saya pernah coba convert dr MS Project ke P3, hasilnya menurut saya kurang memuaskan meski di Internet (google) sudah ada program terpisah untuk konfersinya. Ujung2nya saya musti re-check ulang tuh schedule yg jumlahnya ribuan.

Kalau pak Irviantanto punya P5/6, akan sangat lah mudah untuk mengkonversinya.
Kalau Pak Irviantanto butuh Urgent, bisa kirim file MS Project ke saya, nanti saya coba transfer ke P3 via P5/6, gimana?

Satu lagi, bagaimana perkembangan Forum Project Control Indonesianya? Mohon saya didaftakan pak. Beberapa2 waktu yg lalu saya coba daftar tp gagal terus.

Tanggapan 2 – irawan haditomo

Selamat Siang Rekan-2 Milis-MIGAS,

Setahu saya memang ada software converter seperti MPX 2000, namun hasilnya kurang memuaskan karena banyak activity yang hilang dan beberapa Outline dari Main Activity juga hilang. Mudah-2 an ada input dari rekan-2 Milis. Karena saya juga ada experience converted dari MSP 2007 ke P6 gagal, namun kalau import dari P5 berhasil.

Tanggapan 3 – Afda Rizki

Pak Irvi,

Coba begini, file microsoft project nya di import dulu ke P5/P6. Dari P5/P6 di export lagi ke P3.

Let us know the result Pak.

Tanggapan 4 – Irviantanto Hadiprasetyo

Dear Milister,

Saya sudah pernah mencoba mengconvert via P5 tetapi hasilnya ada beberapa tanggal yang berubah. saya coba sampai tiga kali dan hasilnya sama saja.
Apakah tidak kompatible antara P5 dan MS Project? sebagai bahan masukan, saya sudah melakukan tracking progress di MS Projectnya. Perbedaannya sangat menyolok sekali (karena 1st gas di MS Project tidak sama dengan di P5). Apakah ada input dari teman milister Project controller.
Saya pernah convert file yang masih belum ditracking dan hasilnya memuaskan. Satu lagi permasalahnnya adalah Baseline dari MS Projectnya berubah ketika di convert ke P5 (dari file yang telah dilakukan tracking progress).
Mohon pencerahannya.

Tanggapan 5 – Afda Rizki

Pak Irvi,

Kalau gitu pake cara manual saja.Copy-Paste isi Ms. Project ke Excel. Pastikan kolom-kolom yang dibutuhkan dimunculkan di excel (early start,early finish,late start,late finish,predecessor,successor,WBS,activity codes, juga tipe relasi dan lag atau lead time kalau ada,dan lain-lain). Jadikan semuanya activity satu level (cukup WBS dan activity codes saja yang membedakan, untuk memudahkan grouping/filter untuk layout nanti). Hati-hati format cell di excel, pastikan format tanggal sesuai dengan format tanggal di P3. Simpan dalam bentuk *.DBF (dBASE). Lalu gunakan P3 untuk ngimport-nya.

Atau buat dulu project dummy di P3 untuk mengakomodasi data di excel tadi. Kemudian export ke dalam bentuk *.DBF. Copy-Paste data di excel ke *.DBF. Kemudian import lagi P3.

Kalau cara manual di atas sering saya lakukan Pak, kebetulan kadang kontraktor kita ngirim schedule pakai Ms. Project. Tapi memang tetap perlu ada sedikit perbaikan setelah itu. At least it works 😛

Tanggapan 6 – Cahyo Laksono Hadinoto

Thanks to Pak Afda,

Cara manual seperti itu sdh banyak saya dengar meski saya sendiri belum pernah mencobanya.
Nanti akan saya coba methoda tersebut.