Saya mau tanya apa ada yang pernah mengalami temperatur bearing tinggi pada mesin tipe over hung yang digerakkan oleh V- Belt. Apa yang biasanya menyebabkan getaran tinggi pada mesin tipe over hung?

Tanya – andriiyansyah

Saya mau tanya apa ada yang pernah mengalami temperatur bearing tinggi pada mesin tipe over hung yang digerakkan oleh V- Belt. Apa yang biasanya menyebabkan getaran tinggi pada mesin tipe over hung?

Tanggapan 1 – Teguh Santoso

jadi.. yang terjadi pada overhung pompa tsb temperature tinggi atau getaran tinggi?

Tanggapan 2 – A. Rofiudin@sulfindo

Pak Andri.

Bila bearing panas dan atau bergetar / vibrasi apakah bapak sudah cek bending dari shaftnya?, kalau vibrasi saja apa yakin impeller/propeller balance?

Bearing di sisi pulley kan bearing fix. sedangkan di sisi impeller floating. bila panas shaft akan mengembang dan bergeser sedikit adalah
impeller bukan pulleynya (jadi pulley tetap alignment). Nah apakah lock nut ini benar kencang atau pengencangan belt terlalu over. Kedua hal ini bisa membuat panas di bearing sisi pulley.

Bisa juga terjadi panas bearing karena antara shaft dan housing pillow block memasangnya asal alias tidak tegak lurus (bearing stress).

Juga pernah terjadi ada cone di suction yang pemasangannya tdk center tetapi touching di satu sisi.(blower). Bapak kurang jelas mesinnya apa?

Ini hanya sekedar masukan, karena gejala tiap alat hanya bapak yang bisa mengamati lebih lanjut.

Tanggapan 3 – mundir mundir

Dear Pak Andri,

Banyak faktor yang menyebabkan adanya bearing panas maupun vibration di antaranya sudah di jelaskan oleh bapak Rofi…
Tetapi sebelum menjawab pertanyaan, harus dilihat history record equipment bapak jadi nantinya lebih menjurus untuk dijadikan pemecahan …
sebagai contoh: apakah temperaturnya mendadak naik, gradually, atau ada pengaruh maintenance (habis penggantian bearing, greasing, tension belt, cleaning suction/discharge filter dll) atau ada perubahan dari operasinya???…
Terus kalau dari vibrasinya berapa? dominanya di spektrum berapa, peakvue, waveform, dll???
Setelah semua jelas baru kita bisa mendiagnosa kenapa bearing bapak bermasalah….
Ilmu vibrasi sebenarnya unik dan ada seni tersendiri karena kadang situasi di lapangan tidak seperti di buku2 teorinya…

Itu saja mungkin dari saya…CMIIW.

Tanggapan 4 – Andriansyah Andriansyah

Pak Teguh

Temperatur bearing tinggi 70 derajat, vibrasi axial dan radial juga tinggi. Untuk bending shaftnya memang belum dicek akan tetapi balancing sudah dilakukan hasilnya vibrasi axial tetap tinggi dan vibrasi radial berkurang tetapi temperatur bearing tetap tinggi. Lock nut sudah kencang. Pada saat motor dimatikan terlihat gerakan ‘twisting’dari shaft. Mesinnya blower dengan RPM 1600 yang digerakkan dengan V-belt.Bearing pernah diganti dengan tipe self aligning bearing tetapi temperatur dan vibrasi axial dan radial tetap tinggi.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan diatas dapat dilihat dalam file berikut: