Ada dua hal yang perlu kita cermati perihal WI BNSP. Pertama, pola sertifikasi WI BNSP adalah assessment dimana calon WI di assess oleh assessor. Calon baru dinyatakan kompeten sebagai WI bila lulus di assess untuk seluruh modul (BNSP membolehkan calon WI untuk diuji permodul dan tidak ada batasnya kapan mereka harus menyelesaikan seluruh modul, jadi ada calon WI yang mungkin langsung dinyatakan kompeten karena diasses untuk seluruh modul ada yang mungkin nyicil hingga 2 tahun karena si calon hanya mengambil permodul). Kedua, bahwa BNSP membuat standard kompetensi ada rujukannya dan mustinya rujukannya ya dari LN, jadi mustinya paling tidak WI BNSP itu harus diakui oleh Negara yang kita rujuki. Atau BNSP juga mempunyai Mutual Recognation Agreement dengan Negara lain yang isinya saling mengakui.

Tanya – Age

Dear Rekan milis semua,

Mohon informasi, saran & pendapat tentang sertifikat Welding Inspector yg dikeluarkan oleh BNSP.
Apakah di Oil & Gas Company yg berada di Indonesia, sertikat tsb diakui/berlaku/berguna?
So far sy lihat semua qualification di oil & gas jangankan yg overseas yg local kok belum bisa saya temui, biasanya yg dicantumkan certication CSWIP, AWS.
Terimakasih,

Tanggapan 1 – DARMAYADI

Untuk LSP Las ( BNSP ) hanya bisa mengeluarkan sertifikat sampai Welding Inspector saja, sementara Welding Engineer belumkarena SKKNI nya belum ada.
Untuk sertifikasi pengelasan Indonesia induknya masih di Asosisasi Pengelasan Indonesia. Saat ini Indonesia masih dalam proses menjadi ANB dai IIW. Untuk lebih jelasnya mungkin pak Sabandi bisa menjelaskan lebih detailnya..karena beliau komandanya untuk proses ini.

Tanggapan 2 – dhian rachmawan

Inform tdak berlaku untuk semua migas memang untuk WI sebaiknya berstandart internasional baik itu CWI CSWIP.Karena kapan lalu saya juga mendapatkan peluang kerja di salah satu oil compani PMA hanya bermodalkan WI ITS aja.Yang terpenting bagi kita yang mempunyai cert WI bisa berkomunikasi dalam B.Inggris karena pembacaan Code menggunakan B.Ingg.

Tanggapan 3 – Ab Mahendra

Kalau menurut saya sertifikat competency Welding Enginer yang dikeluarkan oleh BNSP memang sudah diakui tetapi mungkin saja masih dalam ruang lingkup Nasional atw blm sepenuhnya diakui secara Global seperti Cswip atw NACE, etc yang memang sudah diakui di dunia pengendalian korosi. apalagi anda mungkin saja bekerja di Perusahaan Asing yang menganggap bahwa para Trainer dan Instruktur dari luar memang lebih kompeten di bidangnya sedangkan BNSP sendiri belum mempunyai pakar2 atw ahli yang bergerak di bidang pengendalian korosi secara spesifik. sekian dan terima kasih.

Tanggapan 4 – Age

Pak Dhian & Pak Mahendra,

Terima Kasih atas tanggapannya.

Cuma denger2 untuk WI BNSP mau kerja sama dengan Australia standard, apakah betul? Sebetulnya sertifikasi BNSP ikut standart yang mana US/BS/AS..? di http://www.bnsp.go.id/ belum saya temukan mengenai ini..
Terima Kasih.

Tanggapan 5 – Kiagus Ismail Hamzah Mahbor

Memang certificate BNSP sdh diakui, tapi pertanyaannya oleh siapa?

Kalau sertifikasi diakui oleh dunia industri MIGAS baik nasional maupun internasional, itu akan bermanfaat sekali.
Saya gak pernah melihat iklan lowongan WI yg persyratan harus bersertifikasi BNSP, justru yg sering saya lihat adalah persyaratan WI lulusan dari B4T (utk skala lokal/indonesia)
jadi percuma aja Sertifikasi WI BNSP…..buang2 uang dan waktu serta tenaga…
saya akan tabik kepada BNSP, bila sertifikasi WI BNSP diakui seperti CWI atau CSWIP…..(mimpi aja lu zah…). bisa gak BNSP seperti IMM malaysia, yg misalnya kalau ingin bekerja sebagai painting Inspetor di malaysia harus IMM certified?

Tanggapan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Mei 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: