Saya memerlukan bantuan pencerahan khususnya mengenai PMT dan sehubungan dengan penggunaan software Ms.Project advance level. Saya ada kasus bagaimana cara untuk membuat percent complete dengan baseline or target (maksudnya yaitu column % complete under baseline) karena dalam Ms.Project 98 up to 2007 tidak ada field original dari Ms.Project (mungkin dengan cara customize).
Bagi rekan-2 yg pernah melakukan hal tsb. mohon bantuan pencerahannya bagi saya.

Tanya – irawan haditomo

Dear Milis MIGAS Indonesia,

Saya memerlukan bantuan pencerahan khususnya mengenai PMT dan sehubungan dengan penggunaan software Ms.Project advance level. Saya ada kasus bagaimana cara untuk membuat percent complete dengan baseline or target (maksudnya yaitu column % complete under baseline) karena dalam Ms.Project 98 up to 2007 tidak ada field original dari Ms.Project (mungkin dengan cara customize).
Bagi rekan-2 yg pernah melakukan hal tsb. mohon bantuan pencerahannya bagi saya.
Terima kasih,

Tanggapan 1 – nawi okranajdiw

Dear Pak Irawan,

Mungkin yang dimaksud bapak adalah % Baseline? Sebatas pengetahuan saya memang betul pak, Microsoft Project sampai versi 2007 belum / tidak mempunyai fasilitas field untuk % Baseline. Kita harus membuat sendiri dengan menggunakan Customize.
Kita bisa meng-customize % Baseline berdasarkan weight factor maupun berdasarkan durasi (tergantung keperluan). Kalau ditinjau dari pertanyaan bapak, saya dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud bapak adalah % Baseline berdasar durasi karena dalam pertanyaan bapak akan di compare terhadap % complete.

Kalau yang dimaksud berdasar durasi tersebut, maka logic formulanya adalah =
“(Status date – Baseline Start) / (Baseline Finish – Baseline Start) * 100”

Namun dengan formula ini maka akan timbul masalah jika Status date Lebih kecil dari Baseline

Start (pekerjaan belum dimulai) maka akan menghasilkan nilai negative, atau jika Status date lebih besar dari Baseline Finish (pekerjaan sudah selesai lama) maka akan menghasilkan nilai lebih besar dari 100.

Untuk mengatasi masalah di atas maka formula perlu ditambah dengan pernyataan kondisi, sehingga formula lengkapnya menjadi :

“IIf([Status Date]<[Baseline Start],0,IIf([Status Date]>[Baseline Finish],100,(([Status Date]-[Baseline Start])/([Baseline Finish]-[Baseline Start]))*100))”

Cara input formula tersebut dalam Microsoft Project adalah :

1. Kita insert column (misal : Number 1), Kita ketik di Title (misal : % Baseline)

2. Kemudian Field Number 1 tersebut kita Customize Fields

3. Kita klik formula lalu kita ketik formula di atas atau bisa juga dengan menggunakan tombol-tombol yang telah disediakan oleh Microsoft Project

4. Jangan lupa untuk memilih / klik Use Formula pada Calculation for task and group summary rows agar pada summary juga akan muncul nilai % Baseline.

5. Klik OK

6. Kemudian kita tinjau tanggal berapa dengan mengganti status date project tersebut. Terlihat % Baseline berubah sesuai dengan tanggal yang kita tinjau.
Untuk jelasnya, berikut akan saya lampirkan contoh (dengan Status date 28 April 2009)

Tanggapan 2 – Irviantanto Hadiprasetyo

Dear Pak Nawi,

Terima kasih atas pencerahannya. Memang setahu saya di MS Project sampai dengan versi 2007 tidak pernah ada % Baseline, kecuali dilakukan perhitungan dengan cara earned value analysis (EVA). Dengan memasukkan resources dan costnya. Sehingga bisa diperoleh BCWS (Budgeted Cost of Work Schedule), BCWP (Budgeted Cost of Work Performance) dan ACWP (Actual Cost of Work Performance)-nya. Sehingga secara mudah dapat dihitung SPI (Schedule Performance Index) dan CPI (Cost Performance Index). Di dalam perhitungan ini (EVA) kita dapat dengan mudah mendapatkan SV % dan CV %-nya. Bahkan di Primavera Ver 5 dan dan ver 6.0 juga sekarang ber-acuan pada EVA atau EVM (Earned Value Management). Pada Primavera ver 3 dan 3.1 belum mengacu pada EVA atau EVM ini. Demikianlah penjelasan saya ini. Saya berfikir kita membutuhkan forum untuk berdiskusi sesama Planner/Project Controller/Project Scheduler karena pada saat ini sudah banyak posisi ini yang di isi oleh orang Indonesia dan bukan expatriat, sehingga kita perlu lebih menggalakkan forum diskusi bagi rekan2 yang berprofesi sejenis (terima kasih pak Budi atas fasilitatornya selama ini).

Tanggapan 3 – Afda Rizki

Pak Irvi,

Sependek pengetahuan saya di Primavera 3.0 dan 3.1 pun sudah ada lho yang Bapak sebutkan dibawah.

Pada Tabular Report > Cost > Earned Value : bisa diset variabel yang ingin kita tampilkan sebagai bahan acuan analisa performa proyek.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan April 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: