Select Page

Vapor Recovery Unit (VRU) digunakan untuk menggambil kembali gas yang yang terbuang/dibuang dengan sengaja baik pada status normal operasi maupun emergency.
Terdiri dari beberapa kompresor bertingkat disesuaikan dengan kebutuhan. Unit ini biasanya dipasang diKilang dengan system close circuit untuk menekan vapor loss baik dari tangki-tangki timbun maupun dari proses unit. Kami pernah mengadakan studi untuk pemasangan dikilang Balikpapan terutama untuk merecovery vapor dari flare, namun dari hasil evaluasi tidak ekonomis antara vapor yang telah diambil dikonversi menjadi LPG maupun Refinery Fuel Gas dengan biaya untuk pengadaan unitnya.

Tanya – Agus Saiddiman

Ada yang tahu atau punya pengalaman, memakai VRU (Vapor Recovery unit) …??
dengan suction pressure 10′ mmHg dan discharge 130 Psig …??
ada preferable brand …??

Terimakasih

Tanggapan 1 – Hari, Suprayitno

Kalau disebut Booster Compressor kayaknya juga kurang pas soalnya yang namanya booster itu biasanya ada di pipeline dengan jarak cukup jauh sehingga ketika tekanan gas dari p/l tsb tidak mencukupi lagi, maka disitulah diperlukan booster compressor atau booster pump kalau produknya liquid. Tapi memang itu cuma sekedar istilah nggak perlu dipermasalahkan.

Mengenai VRU memang setahu saya adalah berfungsi untuk recover vapor yang mungkin masih cukup banyak dengan tekanan yang rendah. Dan yang ada di Arco di salah satu platform, yang direcover adalah HP flare gas. Mengenai main equipment-nya sendiri terdiri dari Scrubber dan Rotary atau Reciprocating Compressor saya kurang yakin tapi yang jelas bukan Centrifugal (soalnya waktu itu tahun 1995 saya hanya melihat dan itu tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang sedang saya lakukan). Cuma itu yang saya tahu karena saya bukan orang operation/production dan saya juga baru di BP.

Tanggapan 2 – Waskita Indrasutanta

Pak Agus,

Kalau tidak salah mengerti, yang dimaksud adalah salah satu dari Tank Appurtenances, atau sering juga disebut sebagai Breather Valve atau Pressure/Vacuum Valve. Kalau ini yang dimaksud, ada banyak vendor seperti Varec (aslinya dari singkatan Vapor Recovery), Groth dan lain-lain (biasanya juga manufacture Tank Gauging System).

Untuk sizing ada perhitungan berdasarkan API 2000 (maaf kalau salah nomernya). Pressure/Vacuum setting bisa dari kecil (menggunakan beban) sampai besar (spring).

Tanggapan 3 – Bob H. A. S. Djanegara

Pak Waskita,

Saya kira bukan itu yang dimaksud oleh pak Agus, tapi yang dimaksud adalah vapour recovery compressor. Maksudnya adalah suatu system yang dibuat untuk meminimize jumlah vapor yang terbuang ke flare line. Unit ini menghisap vapor dari venting line, memampatkannya kembali, untuk kemudian dimasukkan kembali ke gas system atau malah mungkin di spike ke dalam minyak (kalau tekanannya cukup besar untuk menjadikannya liquid).

Di Unocal, kami baru saja memasang unit semacam ini, tapi operating conditionnya mungkin tidak sama dengan yang disebutkan oleh pak Agus. Saat ini kami belum bisa bicara banyak tentang hal ini, karena unitnya baru saja dipasang, dan belum ada study / evaluasi tentang performancenya….

VRU yang kami miliki adalah ‘Gemini Compressor’ dengan 30 psig suction dan 95 psig discharge. Keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi pak Ainul Abuyazid, yang alamat emailnya: ainulya@…

Tanggapan 4 – Gostombang

Pak Agus,

Mungkin salah satu company yang bisa dicari adalah Preussag Wasser & Rohrtechnik. Kalau yang diceritakan Pak Waskita adalah salah satu alat yang mungkin terpakai dalam Vapor Recovery Unit. Yang artinya mengkondensasaikan vapor yang terjadi kembali ke liquid semula dengan menggunakan sistem teknologi membran atau yang lainnya.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut:

Share This