Total SA akan mengembangkan lahan gas Termokarstovoye onshore di Russian Arctic berdasarkan joint venture dengan OAO Novatek, produsen gas independent terbesar di Rusia.

Penulis : Uchenna Izundu

Total SA akan mengembangkan lahan gas Termokarstovoye onshore di Russian Arctic berdasarkan joint venture dengan OAO Novatek, produsen gas independent terbesar di Rusia.

PM Rusia, Vladimir Putin mengatakan perjanjian menunjukkan lahan gas yang strategi di Rusia terbuka untuk investasi asing.

Menurut heads of agreement, Total akan menerima 49% saham di Terneftegas, cabang yang seluruhnya dimiliki Novatek, dengan sisanya 51% saham berada ditangan Novatek.

Keputusan investasi terakhir dalam project yang diperkirakan senilai 900 juta dolar diharapkan pada tahun 2011 sesudah Novatek dan Total menyelesaikan studi appraisal dan development. Termokarstovoye berada di 250 km timur dari Tarkosale dimana Novatek mengoperasikan fasilitas pemrosesan untuk memproduksi di onshore miliknya. Lahan memiliki potensi lebih dari 47.3 milyar cu m gas dan kira-kira 10.3 juta ton kondensat.

“Kemampuan tekhnologi Total akan melengkapi pengalaman mengembangkan komplek geological assets dan memfasilitasi pengembangan yang efektif dari lahan Termokarstovoye yang terpencil,” kata Leonid Mikhelson, chief executive Novatek.

Perjanjian tersebut akan diakhiri dalam persetujuan dari Federal Antimonopoly Service.

Pembangunan dalam project lainnya dari Total di Rusia meliputi lahan gas dan kondensat Shtokman di Barents Sea dimana keputusan investasi terakhir akan dibuat tahun depan. Tahap pengembangan pertama Shtokman akan memproduksi 23.7 milyar cu m/year, termasuk 7.5 juta tons/year yang akan di ekspor seperti LNG.

Total juga mengoperasikan lahan Kharyaga di Nenets Autonomous Region. Berdasarkan tahap ketiga level produksi pada saat ini akan meningkat sampai 50% sampai 30,000 boe/d pada tahun 2011.

Menurut laporan analist dari Royal Bank Scotlandia, partnership antara Total dan Novatek dapat memastikan akan memperpanjang kerjasama LNG di lahan South Tambey secara besar-besaran.

“Termokarstov memegang kurang dari 6-7% dari keseluruhan cadangan Novatek, dan kami percaya bahwa pada tahun 2013 lahan akan mengkontribusikan hanya kira-kira 1 milyar cu m, atau kurang dari 2%, untuk produksi Novatek berdasarkan pada 51% saham,” menurut laporan. “Novatek memerlukan partner internasional untuk mengembangkan lahan ini dan membangun fasilitas LNG, dan kami percaya bahwa Total, salah satu dari tiga perusahaan terkenal di dunia dalam LNG dan dengan relationship yang ada dengan Novatek, adalah partner ideal. Kerjasama dimasa yang akan datang dalam LNG juga difasilitasi oleh dukungan yang antusias dari Kremlin, karena Putin juga membutuhkan produksi LNG Rusia yang tinggi.

Sumber: www.ogj.com