Saya mau mohon pencerahan tentang pemilihan flare stack antara yang vertical dan yang condong 45 derajat. Saya pernah diskusi sama senior saya tentang masalah ini, katanya dia lebih prefer ke yang 45 degre karena kalau pilih yang vertical dikhawatir kan terjadi golden rain n dapat berakibat pada equipment yang ada dibawahnya, dan apasih penyebab bisa terjadi golden rain? pdahal disetiap vessel pasti kan sudah dilengkapi berbagai macam protection untuk mitigate case itu. mohon bantuannya.

Tanya – Arie Syiha

Dear milister,

Saya mau mohon pencerahan tentang pemilihan flare stack antara yang vertical n yang condong 45 derajat.

Saya pernah diskusi sama senior saya tentang masalah ini, katanya dia lebih prefer ke yang 45 degre karena kalau pilih yang vertical dikhawatir kan terjadi golden rain n dapat berakibat pada equipment yang ada dibawahnya, dan apasih penyebab bisa terjadi golden rain? pdahal disetiap vessel pasti kan sudah dilengkapi berbagai macam protection untuk mitigate case itu. mohon bantuannya.

Tanggapan 1 – gideon#compressor-flare@kotaminyak

untuk stack vertical atau miring 45 deg tergantung sama lokasi/space yang tersedia, dan profil flame yang diinginkan. kalau area yang tersedia cukup luas mendingan menggunakan yang vertical, konstruksinya lebih sederhana dan lebih ekonomis.
untuk mengurangi resiko terjadinya golden rain perlu design knockout drum yang sesuai, dan protection equipment lainnya.

Tanggapan 2 – Ginting Simeon

Maaf baru sempat buka email karena lagi jln2 ke daerah sumatera.. Ikutan nih nambahin masukan dari Mas Dion :-).

Pak Arie,

Melihat pertanyaan bapak, saya berasumsi bahwa flare tip nya akan dipasang di offshore platform dan lokasi flare tip nya di ujung boom nya.

Seperti kata Mas Dion, golden rain tidak ada hubungannya dengan posisi incline (vertikal) ataupun decline (miring). Golden rain lebih disebabkan adanya liquid carry over karena adanya kondensate yang terbawa. Hal ini mungkin disebabkan KO Drum yang under design atau mungkin lokasi KO Drum yang masih cukup jauh dari flare tipnya sehingga masih memungkinkan terjadinya kondensasi di sepanjang pipa dari KOD ke flare tip.

Untuk pertimbangan posisi flare tip yang incline atau decline, seperti masukan dari Mas Dion, saya juga lebih menyarankan posisi vertical karena alasan lebih ekonomis dan designnya lebih sederhana. Sebenarnya, walaupun posisi flare tip nya decline (miring), efeknya dalam mengurangi dampak penyebaran radiasi maupun golden rain tidak terlalu signifikan di bandingkan vertikal. Toh pada saat mendisain orientasi boomnya sudah mempertimbangkan wind speed dan wind direction untuk mengurangi dampak penyebaran radiasi maupun golden rainnya.