P&ID dan PFD adalah alat komunikasi yang sangat efektif, sayangnya sekarang malah tak diajarkan di perguruan tinggi ( tidak semua ). Orang dengan bahasa ibu yang berbeda-bedapun bisa berkomunikasi dengan baik melalui P&ID dan PFD. Orang dengan berbagai latar belakang keahlian dan pengetahuan bisa menyatukan perannya lewat yang tergambarkan dalam P&ID dan PFD. Batas pengertian yang terkandung di dalamnya adalah sedalam pengetahuan dan skill kita yang membikin, yang membaca dan yang memanfaatkannya.
Namanya juga alat komunikasi, tentunya juga punya keterbatasan dan memang dibatasi, supaya tidak ruwet. Sehingga jabaran detailnya disimpan di library sesuai dengan bidang masing-masing yang terlibat.

Tanya – Edi, Amadiah

Temen-temen di Milis-Migas, saya pengen mendapat informasi dimana ada Training untuk ‘System Instrument serta Calculasi dalam P & ID’. Barangkali ada yang tau, saya mengharap informasi tentang hal itu.

Atas informasinya terimakasih.

Tanggapan 1 – Ekawan

Pak Edi,

Bisakah Pak Edi menjabarkan lebih jelas training yang dimaksud?
Setahu saya tidak ada kalkulasi dalam membuat P&ID, kalau yang dimaksud adalah Process and Instrumentation Diagram atau mungkin yang dimaksud adalah terminologi PID dalam control system.

Mungkin bisa hubungi Foxboro, dulu-dulu sih suka menyelenggarakan kursus macam ini.
Saya CC-kan juga email ini kepada Bapak Edi Leksono, siapa tahu lembaga tempat beliau berkecimpung punya paket training yang dimaksud.

Tanggapan 2 – Wisnu.Susilo

Kalau boleh saya menambahkan (sebelumnya maaf kalau tidak sesuai dengan yang dimaksud Pak Edi), Yang dimaksud P & ID adalah Piping and Instrumentation Diagram. P & ID ini didevelop oleh PROCESS GROUP (biasanya lulusan dari teknik kimia) berdasarkan PFD (Process Flow Diagram) suatu ‘plant’/pabrik.

P & ID di dalamnya berisi informasi mengenai:

1. Mechanical Equipment dengan Tag No-nya

2. Semua kerangan/Valve yang berhubungan dengan ‘process piping’

3. Size pipa ,arah flow fluida, ‘pipe identification’,dll

4. Specification system,spec break dll

5. Instrumentasi dengan ‘control device’nya

6. ‘Vendor and Contractor interface’,

7. dll

Saya selama ini hanya ‘menggunakan’ P & ID yang sudah jadi, adapun pembuatannya (calculasi hydrolik, design thickness / size pipa, spec. dll) mungkin teman-teman dari ‘process group’ bisa membantu Pak Edi.

Tanggapan 3 – Edi, Amadiah

Terimakasih Pak Ekawan,

Yang saya maksud disini adalah ; saya pengen tau serta ngerti keberadaan apa-apa yang ada dalam P & ID, serta dari semua itu pasti ada calkulasi design, seperti sizing atau yang lainnya.

Moga-moga dari apa yang saya jelaskan ini bisa ketangkap maksud saya.

Sekali lagi terimakasih.

Tanggapan 4 – Ekawan

Saya ingin tanya sama para jawara engineering, P&ID sebagaimana kita tahu singkatan dari Piping and Instrumentation Diagram. Kenapa bukan Process and Instrumentation Diagram ya ? (dengan anggapan bahwa Process equipment terdiri dari mechanical equipment, rotating equipment dan lain-lain yang disokong oleh Instrument Equipment untuk mengendalikannya).
Bukankah di PID tergambar pula adanya vesel dan equipment lain selain Piping?

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia dapat dilihat dalam file berikut: