Select Page

Fungsi DBB biasanya adalah untuk memeriksa integritas suatu valve; apakah seal dari valve dapat bekerja dan dalam keadaan baik. Juga bisa berfungsi untuk mengisolasi fluida secara proper dalam kasus2 yg membutuhkan keakuratan, misalnya pada metering pipeline. Valve yang memiliki fasilitas DBB biasanya adalah jenis ball dan plug. Pada ball valve tertentu, fasilitas DBB bahkan dapat difungsikan dalam keadaan valve open dan close, meskipun baru secara teori dan saya belum pernah tau aplikasi DBB dalam keadaan valve open.

Tanya – Gamler

Rekan2 mohon sharing untuk perbedaan double block and bleed valve dan trunion mounted valve.

Tanggapan 1 – David Henryawan

Pak Gamler,

Agak kurang tepat (menurut saya) untuk membandingkan antara double block and bleed (DBB) dan trunnion mounted karena DBB merupakan suatu aplikasi/fungsi dari sebuah valve; sedangkan trunnion mounted sendiri adalah merupakan suatu fitur (khususnya pada ball valve).

DBB mengacu kepada fungsi block pada kedua sisi valve (two way valve) yang menahan aliran fluida untuk keluar/masuk ke/dari chamber pada body valve.

Fasilitas bleed pada body valve berfungsi untuk mengeluarkan fluida yang terjebak dalam chamber tsb. Dengan demikian chamber akan berada dalam kondisi kosong dan terisolasi dari aliran fluida.

Fungsi DBB biasanya adalah untuk memeriksa integritas suatu valve; apakah seal dari valve dapat bekerja dan dalam keadaan baik. Juga bisa berfungsi untuk mengisolasi fluida secara proper dalam kasus2 yg membutuhkan keakuratan, misalnya pada metering pipeline.

Setau saya, valve yang memiliki fasilitas DBB biasanya adalah jenis ball dan plug. Pada ball valve tertentu, fasilitas DBB bahkan dapat difungsikan dalam keadaan valve open dan close, meskipun baru secara teori dan saya belum pernah tau aplikasi DBB dalam keadaan valve open.

Trunnion mounted merupakan suatu fitur yg terdapat pada ball valve; adalah suatu penahan ball (berbentuk pin) pada dasar body valve sehingga ball tidak bergeser/terdorong aliran fluida. Lawan dari trunnion ini adalah floating ball valve, dimana ball tidak terikat mantap pada body valve dan dapat berayun sesuai dorongan fluida. Fungsi DBB sendiri hanya dapat diaplikasikan pada trunnion mounted valve.

Sebagai tambahan, mungkin dapat dicari info lebih detil pada diskusi2 milis terdahulu atau di-googling. Akan lebih mudah untuk menangkap maksud DBB dan trunnion mounted via gambar.

Share This