Basically, untuk menaikan power gas turbine perubahan pada optimal sudu turbine dan kompressor punya peranan sangat penting dalam peningkatan power rate GT. Menaikan tekanan discharge kompressor (dengan modifikasi rotor compressor) dan menaikan temperature firing GT dan optimasi expansi pada sisi turbine (modifikasi rotor turbine) biasanya memperkecil losses baik pada tip blade, penggunaan shroud, honeycomb dan seal atau lainnya akan baik hasilnya dalam peniungkatan power output GT.

Tanya – achmad riyanto

Dear all millister,

Adakah bapak/ibu yang ditempat kerjanya punya pengalaman upgrade capacity gas turbine?
Kebetulan di tempat kerja saya ada keinginan untuk dilakukan upgrade capacity, kebetulan kita lagi study yang ingin saya tanyakan,

1. Modifikasi apa yang dilakukan untuk meningkatkan capacity?

2. Berapa % peningkatan capacity yang bisa dicapai?

Semoga ada yang bisa membantu.

Tanggapan 1 – Sigit kumoro bekti

Salam Kenal Pak,

Saya pernah punya experience dalam rehabilitasi unit kita pak yaitu GE Frame7B (48 MW) dibuat tahun 74. tahun lalu kita upgrade nozzle and blade nya dengan seri agak terbaru yaitu dengan nozzle dan bucket untuk GE seri Fr7E, dan ternyata hasilnya sangat baik sekali.

Operating unit dengan blade lama pada beban maks T exh mencapai 930 F (kira kira) dan sekarang T exh pada beban maksimum lebih rendah 100 F. kalau T exh dinaikan menyamai dengan T exh sebelum upgrade beban mencapai 55 ~ 60 MW. lumayan hasilnya.

Basically, untuk menaikan power gas turbine perubahan pada optimal sudu turbine dan kompressor punya peranan sangat penting dalam peningkatan power rate GT. menaikan tekanan discharge kompressor (dengan modifikasi rotor compressor) dan menaikan temperature firing GT dan optimasi expansi pada sisi turbine (modifikasi rotor turbine) biasanya memperkecil losses baik pada tip blade, penggunaan shroud, honeycomb dan seal atau lainnya akan baik hasilnya dalam peniungkatan power output GT.

Yang kita lakukan sebelumnya adalah hanya mengganti rotor turbine (nozzle n bucket) sedangkan kompressor tetap. effisiensi siklus yg dihasilkan jauh lebih baik.

Mungkin teman-teman lan punya pengalaman lain.. CMIIW

Tanggapan 2 – Achmad Riyanto

Pak Sigit,

Terima kasih atas replynya. Kalau boleh tahu lebih mendalam,

1. Kenapa dipilih modifikasi di turbine bladenya, bukan di compressor bladenya?

2. Apakah dari pertimbangan biaya modifikasi yang lebih murah atau karena kenaikan load yang bisa dicapai?

Tanggapan 3 – affandy hermawan

Mengganti vele/compressor stator blade mungkin agak sulit karena harus mengganti casing…. Modif pada tula dan tule turbine (blade) bisa dilakukan seiring dengan kemajuan technologi pada material dan coating khusunya blade keluaran GE sehingga firing temp. bisa ditingkatkan. Untuk solar turbine, siemens dan alstom mungkin nggak semua tipe sdh diupgrade.