Select Page

Sebelum oli digunakan untuk top up periksa dl properties nya spt, min TAN, Viscosity @40 C, water cointent, dsb.. Karena oli memang tidak akan basi/expire, yang perlu diketahui adalah salah satu musuh dari pelumas adalah air yg dapat menyebabkan oli teroksidasi, uap air bisa masuk melalui area yg memungkinkan adanya interface dengan udara/atmosphere.

Tanya – Satch

Sy punya problem neh, ada turbin yang mau distop kemudian olinya akan dipergunakan untuk top up ke turbin lain yang sejenis. Nah, oli tersebut bisa bertahan berapa lama yah jika tetap disimpan dalam reservoir turbin yg mati tsb?
apa boleh sampai 2 tahun krn jumahnya sangat banyak? Atau harus ada perlakuan khusus? Mohon infonya yah, siapa tahu ada yg pengalaman atau ahli dalam lube oil.

Tanggapan 1 – Antoni Ginting

Pada prinsipnya oli kan ngga ada expired nya ?

Yang penting waktu mau di top up, di analisa terlebih dahulu sesuai dgn criteria yg diijinkan. Kalau oli tetap dalam reservoir, mungkin sebaiknya semua linenya di blind untuk menghindari masuknya uap air kedalam tangki.

Tanggapan 2 – Lucky Hadari

Sblm oli digunakan utk top up periksa dl properties nya spt, min TAN, Viscosity @40 C, water cointent, dsb.. Karena oli memang tidak akan basi/expire, yang perlu diketahui adalah salah satu musuh dari pelumas adalah air yg dapat menyebabkan oli teroksidasi, uap air bisa masuk melalui area yg memungkinkan adanya interface dengan udara/atmosphere..

Sebaiknya dilakukan uji berkala terhadap oli yg ada d dlm tanki reservoir yg turbine spare bapak untuk memastikan kondisinya..

Share This