MS Project telah mengkalkulasi semua perbandingan yang diperlukan untuk membuat S Curve. Ini bisa dilihat pada Tabel Earned Value Analysis seperti (BCWS, BCWP, ACWP, dan laninya….). Memang MS Project Standart tidak bisa menampilkan 3 kurva dalam satu paragraf seperti yang mas bisa buat Manual di Excell. Tetapi ada cara tersendiri untuk membuatnya, yaitu dengan mengekspor data ke Excel, kemudian akan langsung membuat grafik yang kita inginkan.
Yaitu dengan menggunakan ‘Analyse Timescale Data into Excel’. Caranya aktifkan Analysis Tool bar pada MS Project. Dan ikuti step demi step yang ada.

Tanya – Devy Endry

Dear rekan2,

Mau Tanya nih, Apakah di MS Project bisa di tampilkan Kurva S (kurva progress ). Saya biasa buat di excel, tapi repot sekali karena harus manual.
Ada yang bisa beri pencerahan.

Tanggapan 1 – Victor Basa

Mo coba bantu nech,

MS Project bisa kok untuk menampilkan S-Curve, itu ada di item Create Report. nanti bisa ditampilkan dalam bentuk S-curve dan juga bar chart, tergantung kebutuhan dan jenis itemnya, resources or cost.
Ada yg nambahin lagi?

Tanggapan 2 – yuddi.krisna@depriwangga

Mas Devy

MS Project telah mengkalkulasi semua perbandingan yang diperlukan untuk membuat S Curve.
Ini bisa dilihat pada Tabel Earned Value Analysis seperti (BCWS, BCWP, ACWP, dan laninya….).

Memang MS Project Standart tidak bisa menampilkan 3 kurva dalam satu paragraf seperti yang mas bisa buat Manual di Excell.
Tetapi ada cara tersendiri untuk membuatnya, yaitu dengan mengekspor data ke Excel, kemudian akan langsung membuat grafik yang kita inginkan.
Yaitu dengan menggunakan ‘Analyse Timescale Data into Excel’. Caranya aktifkan Analysis Tool bar pada MS Project.
Dan ikuti step demi step yang ada.

Nah selamat Mencoba ya…….

Tanggapan 3 – Yulianus Ladung

Di Microsoft Office Project Professional 2007 sudah disediakan pilihan untuk reporting itu. Yang dapat diakses melalui:

Report | Visual Report

Silahkan ditentukan dan dipilih template mana yang akan digunakan, untuk kemudian diekspor kedalam Excel maupun Visio. Penjelasan lebih lanjut ada di

http://articles.techrepublic.com.com/5100-10878_11-5030578.html.

Demikian. Semoga membantu.

Tanggapan 4 – bayu kusuma

Dear Bu Devy,

Bisa Bu, tergantung Ibu mau buat S-curve Base on apa. Karena di Ms. Project kita hanya bisa melihat performance project berdasarkan duration, manhours dan cost. Sayangnya masih kurang bisa mengukur progress physicalnya.

Kalo di Ms. Project 2003, caranya adalah:

1) terlebih dahulu harus diactive-kan Analysis toolbarnya (view -> toolbar -> analysis)

2) Setelah toolbar analysis tersedia, klik Analyze timescaled data in excel

3) Setelah itu tinggal memilih factor apakah yang ibu mau export ke excel (Baseline work, actual work, work atau BCWS, BCWP, ACWP)

Kalo di Ms. Project 2007, adalah dengan klik menu Report -> Virtual report. Nah tinggal memilih template-nya. Kalo template report yang ibu mau tampilkan belum ada, Ibu bisa membuat sendiri.

Demikian sepengetahuan saya, kalo ada salah & kurangnya mohon maaf. Mungkin rekan-rekan yang lain bisa menambahkan.