Mohon di share kalau ada saudara2 yg pernah membongkar Hysys.
Apakah dalam simulasi dynamic sudah memasukkan thermal dynamic bersama flow dynamic atau hanya flow dynamic saja?

Misalnya pada model Heat exchanger, dibagian mana kita bisa membuktikannya?

Tanya –TRB

Saudaraku yg berbahagia,

Mohon di share kalau ada saudara2 yg pernah membongkar Hysys.
Apakah dalam simulasi dynamic sudah memasukkan thermal dynamic bersama flow dynamic atau hanya flow dynamic saja?

Misalnya pada model Heat exchanger, dibagian mana kita bisa membuktikannya?

Terima kasih dan salam sukses selalu.

Tanggapan 1 – Weby

Pak Totok,

Saya kadang2 pakai simulasi dynamic juga, tapi kira-kira apa secara spesifik yang dimaksud pak Totok dengan thermal dynamic? Sudah lihat2 di bagian tabulasi ‘Dynamics’ yang dimaksud yang mana?
Thanks.

Tanggapan 2 – TRB

Mas Weby Al Jember,

Memang tidak ada dalam menu hysys, mulai dari rating sampai dynamic.
Maksud saya, mungkin ada yg pernah membuktikan bahwa waktu transient (steady state yg satu ke steady state yg lain) pada hysys sudah termasuk perambatan thermal sepanjang heat exchanger (inlet sampai outlet), untuk menambah percaya diri…he..he..he..

Sambil menunggu, kemarin sdh saya simulasikan pakai Hysys, memang Hysys sudah memasukkan peritungan ini, malah time kontans dari hysys sangat besar sampai 6-7 kali dari perhitungan pakai velocity dari HTRI atau software yg sy buat menggunakan finite difference.
kesimpulan sementara, antar software heat transfer berbeda2 hasil time constant dan heat transfer coefficient, disebabkan perbedaan pendekatan pada perhitungan flow velocity, yg akhirnya berbeda Re dan Nu Number.

Mhn dibantu menjelaskan,
Terima kasih.

Tanggapan 3 – Weby

Pak Totok,

Mungkin saya salah, jadi tolong dibentulkan pernyataan saya dibawah ini.

Dugaan saya anda ingin melihat efek perambatan aksi kontrol pada penukar kalor (heat exchanger) terhadap suatu gangguan (disturbance), misal: kontrol umpan balik vs kontrol cascade. Jika memang itu yang dimaksud, Hysys akan terlebih dahulu membutuhkan dimensi, konfigurasi (serta setting2 lainya) dari heat exchanger dari penukar kalor sehingga volume dari penukar kalor bisa terhitung. Beda ukuran, ya akan memberikan efek perambatan yang berbeda.

Tanggapan 4 – TRB

Bukan mas Weby,

Ini dalam rangka membuktikan dugaan kami, bahwa apa yang kita ukur sbg outlet temperatur HE, terkadang masih dalam transient. Atau dengan kata lain tak ada cukup waktu tinggal/resident time. dan itu mungkin pada beberapa HE dgn bypass tube yg sedikit dan tube yg pendek.
sehingga energi yg ditransfer pada sisi shell dan sisi tube tidak balance dan akhrinya akan mempersulit pada data reconciliation, dan perhitungan2 lainnya..tentunya sampai kontrol.
jadi yg mungkin kami lakukan sekarang hanyalah pembuktian secara matematik analisis (bukan empiris), dengan validasi dari peralatan HE yg sederhana, misalnya double pipe HE.

Kita sambung lagi nanti mas Weby, masih dalam proses pembuktian.
mungkin teman2 dari Heat transfer ada pengalaman benarkah tahanan atau fouling Rf = 1/Udirty?

Salam sukses selalu.