Mohon sharing experience-nya mengenai compressor khususnya yg menggunakan engine waukesha type AT. Kami sering mengalami gangguan di unit kompresor kami (ATGL 8cylinder), frekuensi S/D lumayan tinggi, dengan kapasitas kompresi 25 MMscfd, sekali S/D kami hanya membayangkan berapa besar yg kami buang. Kami mengoperasikan unit ATGL ini baru tahun 2005 kemarin, tetapi saya lihat banyak sekali problem meskipun baru dijalankan 4 th-nan. permasalahannya, unit ATGL ini jenisnya mengunakan Lean Gas fuel, apakah secritical ini jika melihat dari spesifikasi fuel gasnya? apakah ada spesifikasi detail dari fuel gas yg disyaratkan waukesha engine?

Tanya – Punjung Sasmito

Bapak2,

Mohon sharing experience-nya mengenai compressor khususnya yg menggunakan engine waukesha type AT. Kami sering mengalami gangguan di unit kompresor kami (ATGL 8cylinder), frekuensi S/D lumayan tinggi, dengan kapasitas kompresi 25 MMscfd, sekali S/D kami hanya membayangkan berapa besar yg kami buang. Kami mengoperasikan unit ATGL ini baru tahun 2005 kemarin, tetapi saya lihat banyak sekali problem meskipun baru dijalankan 4 th-nan. permasalahannya, unit ATGL ini jenisnya mengunakan Lean Gas fuel, apakah secritical ini jika melihat dari spesifikasi fuel gasnya? apakah ada spesifikasi detail dari fuel gas yg disyaratkan waukesha engine?saya baca dari manual book-nya tidak menjelaskan secara detail mengenai berapa maksimum moisture, WKI, heating value, etc. Setahu saya minimum WKI adalah 70, sedangkan moisture sama sekali tidak dianjurkan di unit ini. mohon sharing informasinya jika bapak-bapak ada yg mengerti mengenai hal ini. sejauh ini kami menggunakan fuel dengan WKI sekitar 60 s/d 70 dan dengan moisture sekitar 40-55 lbs/MMscf.
Unit kami sering mengalami problem di sparkplug (sering mati di beberapa cylinder–> indikator low temp sensing), sering mengalami problem di engine manifold, sering hunting, DSM(Detonation sensing monitoring), vibration, etc. apakah load yg terlalu berlebihan berpengaruh ke kinerja kompressor?apakah benar fuel gas berpengaruh besar terhadap indikasi-indikasi S/D tersebut?

Mohon sharing experience-nya dari bapak-bapak milis migas.
terima kasih banyak sebelumnya.

Tanggapan 1 – Teguh Santoso

Pak Punjung,

Dari tabel WKI untuk ATGL8, bapak akan peroleh sudut pengapian before top death center misalnya 20 derajat. maka pada ECM (electronic combution modul) nya ada dua switch A dan B dan dibawahnya ada switch untuk selector type engine yang dipakai. Cocokan selektor ke type engine yang dipakai kemudian dari manual waukesha cocokan untuk sudut 20 derajat tersebut, A harus di posisi berapa dan B harus di posisi berapa. fyi, A dan B memiliki kombinasi angka 0-15.
FYI, WKI makin kecil maka kualitas gas makin jelek dan memerlukan proses pembakaran yang lebih lama, sehingga biayanya timing waktu pembakaran memerlukan sudut yang lebih besar. contoh WKI 90 waktu penyalaannya sekitar 12 deg BTDC WKI 60 sekitar 24 deg BTDC. CMIIW.

Tanggapan 2 – yuki sukarno

Dear Pak Punjung,

Mengenai Trouble yang disebutkan oleh bapak tadi, saya mau menanggapi sedikit tentang pengalaman saya dilapangan.

Gas Engine Waukesha memang sama dengan gas engine lainnya, dimana sangat berpengaruh terhadap komposisi dari fuelnya. Untuk memperjelas saya rinci sbb :

1. Fuel : Kita lihat komposisinya, kemudian kita dapat melihat di Wki number

2. Busi sering mati : Cek kompresi, Cek Busi apakah ada basah oli atau air, atau Gap
busi kurang besar.

3. Sering trouble di engine manifold : Ini biasanya diakibatkan ada kebocoran oli atau air di
ruang bakar, Low temp di ruang bakar.

4. Sering Hunting : Busi ada yang mati, Over Load, Detonasi dalam ruang bakar.
Untuk DSM, Fibration itu adalah dampak dari keterangan diatas. Jadi intinya adalah Fuel dan Busi ( Pengapian ).

Kalo memang semua pekerjaan diatas sudah bapak lakukan, sebaiknya bapak menghubungi GDS ( Gas Drive System ) Agen Tunggal Waukesha atau menghubungi langsung Bapak Joko Sambodo ( Service Manager GDS ) – 08111778445.

Sekian dulu info dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Tanggapan 3 – Punjung Sasmito

Pak.Sukarno

Terima kasih banyak pak atas masukannya mengenai root cause penyebab S/D ATGL.
Semoga bisa membantu kami dalam mengatasi problem2 yg kami hadapi.

Terima kasih.