Untuk mencegah iceing, dapat dilakukan beberapa hal berikut ini : 1. Perhatikan setiap penurunan Temperatur; 2. Jaga penurunan temperatur yang terlalu cepat, bantu dengan penyiraman air dikedua Regulator; 3. Bantu dengan menambah bukaan By-Pass regulator; 4. Bila iceing telah terjadi, bantu dengan mengalirkan Gas dari GTM yang masih baru/penuh, untuk membantu menembus tubing yang hampir buntu.

Tanya – novil sarwani

Mohon pencerahanya mengenai icing yang terjadi pada CNG storage low pressure kebutuhan burner 1400 m3/hr, kapasitas storage 4600 m3 pada 3600 psi. tekanan gas diturunkan dengan pressure regulating valve, tiga tingkat. Ketika pressure di storage mencapai +/- 900 psi, storage sudah tidak bisa lagi mengeluarkan gas, terjadi icing pada header tube. Mengapa terjadi icing pada tekanan +/- 900 psi, di daerah header tube menuju inlet heat exchanger ? (pada high pressure 3600 ~ 1000 psi tidak icing).
Apa yang menyebabkan icing tersebut, apakah gas sudah tiak bisa mengalir dengan flow rate 1400 me/hr ?

Sebelumnya terima kasih banyak atas masukannya.

Tanggapan 1 – Pulung Bimantoro

Pak Novil,

Bisa lebih dijelaskan lagi, settingan dari ketiga regulator yang dipakai. Masuk ke train burner tekanan nya berapa??

Kemungkinan yang terjadi adalah tekanan tersebut sudah dibawah setting regulator yang pertama(high pressure). Bisa saja bapak tambahkan bypass valve supaya langsung mengalir ke regulator kedua.
Kemungkinan kedua adalah plugging di salah satu regulator karena icing di dalam nya. Akan tetapi, harusnya icing terjadi kapan saja. karena setiap penurunan sekitar 4 bar, temperatur biasanya turun 1 derajad celcius.
Melihat kapasitas yang cukup besar, ada kemungkinan pemakaian / pemilihan regulator yang kurang sesuai proporsinya.
Apakah setiap 3 jam harus ganti trailer ya pak??? atau ada berapa trailer di paralel pak??

Tanggapan 2 – Wahyudi Suryowinoto

Pak Novil,

Saya setuju dengan Pak Pulung (salam kenal Pak Pulung), bahwa telah terjadi ‘iceing’ di Regulator.Malahan terkadang iceing telah terjadi pada High dan Mediun Pressure Regulator.
Untuk mencegah iceing, dapat dilakukan beberapa hal berikut ini :

1. Perhatikan setiap penurunan Temperatur

2. Jaga penurunan temperatur yang terlalu cepat, bantu dengan penyiraman air dikedua Regulator

3. Bantu dengan menambah bukaan By-Pass regulator

4. Bila iceing telah terjadi, bantu dengan mengalirkan Gas dari GTM yang masih baru/penuh, untuk membantu menembus tubing yang hampir buntu.

Pengisian Gas ke Pabrik, rata-2 antara 3 s/d 3.5 jam per GTM.
Agar pengisian Gas aman, paling tidak ada 2 GTM yang siap untuk pengisian, dan sebelum Gtm pertama habis, GTM ketiga sudah harus siap untuk menggantikan.

Silahkan, ditambah dengan pengalaman Bapak-2 yang lain.

Tanggapan 3 – novil sarwani

Dear Pak Pulung,

Setting out PRS ke train burner 3 bar, setting regulator pertama 27 bar dan setting regulator ke dua 12 bar.
PRS dilengkapi dengan Heat exchanger sebelum masuk ke regulator pertama, pada tekanan di storage 900 psi tidak ada plugging akibat kiicing di PRS dan line tube&pipe. malahan icing terjadi pada header cylinder hingga inlet heat exchanger.

Jika tekanan storage tinggi malah terjadi sebaliknya, icing terjadi pada regulator kedua dan ke tiga, tetapi pada header cylinder menuju heat exchanger tidak icing.