Saya punya sedikit problem dalam melakukan hydrotest untuk Risers production flowlines dimana pada saat fabrikasi ini routing dari riser lines itu menjadikan adanya ‘POCKET’ pada lines tersebut dan terjadi ‘TRAPPED AIR’, kalo hydrotest dilakukan secara vertikal sesuai dengan original lay-out nya tidak akan jadi masalah, tapi sekarang ini risers itu dalam posisi horizontal dan tidak mungkin dirubah ke posisi vertikal, karena risers ini akan di sail-away dalam posisi horizontal.

Tanya – Andromeda, Yan

Rekan2 milis migas,

Saya punya sedikit problem dalam melakukan hydrotest untuk Risers production flowlines dimana pada saat fabrikasi ini routing dari riser lines itu menjadikan adanya ‘POCKET’ pada lines tersebut dan terjadi ‘TRAPPED AIR’, kalo hydrotest dilakukan secara vertikal sesuai dengan original lay-out nya tidak akan jadi masalah, tapi sekarang ini risers itu dalam posisi horizontal dan tidak mungkin dirubah ke posisi vertikal, karena risers ini akan di sail-away dalam posisi horizontal, adapaun data2 dari riser tersebut :

– Flange rating = API 6A 10,000# Type 6BX

– Flange Mat’l = ASTM A694 F65

– Pipe Mat’l = API 5L X65

– Hydrotest pressure = 8125 PSIG

– Size = NPS 6′ & NPS 10′

– Overal length = 546 Feet (est.)

Kalo untuk process piping, untuk mengatasi pocket dan trapped air/water kita normalnya memasang branch yag berfungsi sebagai Hi-point vent atau low-point drain, kemudian setelah selesai hydrotest di plug dan seal weld. Apakah hal ini bisa dilakukan untuk risers ? Mungkin ada diantara rekans yg pernah/sudah berpengalaman menghadapi hal ini, mohon sharing pengalamannya, terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Hari, Suprayitno (Supraco)

Pak Yan,

Sepengetahuan saya, nggak ada masalah kalau anda akan membuat ‘branch’ di flowline sebagai sarana untuk mengeluarkan udara yang terjebak dalam posisi hydrotest. Yang perlu diperhatikan adalah rating dari fitting yang dipakai harus sama atau lebih tinggi dari hydrotest pressure atau yang sesuai dengan flange rating yang 10.000# API itu (pilih mana yang cocok). Hanya perlu diingat bahwa penggunaan threaded fitting untuk tekanan yang sedemikian tinggi adalah sangat berbahaya, jadi benar2 harus dipastikan kondisi thread-nya masih baru dan perlu dilakukan pengamanan selama test dengan memposisikan sedemikian rupa sehingga plug yang kalau terlepas bagaikan peluru yang bisa menghancurkan apa yang dilewatinya itu tidak akan mengenai apapun misal dihambat dengan karung pasir. Cara yang lebih aman adalah menggunakan ‘Flanged Outlet Fitting’ dan kemudian di-blind. Atau bisa juga menggunakan ‘Hubbed Outlet Fitting’ dengan Clamp Connector dan Blind Hub.

Kurang lebihnya mohon dikoreksi. Terima kasih.

Tanggapan 2 – Andromeda, Yan

Pak Hari,

Timbul pertanyaan saya, apakah branch itu tidak akan berpengaruh pada saat operasi nantinya, dimana untuk riser kita pasti melakukan pigging, bisa saja nantinya residu2 hasil pigging itu malah masuk kedalam branch-nya, atau branch itu menghambat aliran fluida, dan mungkin berpengaruh pada meteringnya,

Mengenai cara attachnya kalo kita pake flanged ends, kira2 berapa minimal NPS yg dipakai ya, karena mungkin susah untuk cari flange API 10,000# dibanding flange2 dengan rating yg umum, kalo kita pake threaded / socket weld, kalo threadoletnya mungkin bisa pake yg 9000# dan ball valve 10,000# juga tersedia kira2 nipple dengan mat’l A106 sch. XXS bisa tahan nggak ya ?

Tanggapan 3 – stephanus sulaeman

Dear sir,

Gunakan sealed thread plug dan cup.

Tanggapan 4 – Hari, Suprayitno (Supraco)

Kalau untuk prosesnya saya kira kok tidak ada pengaruhnya. Untuk residu yang masuk celah mungkin yang perlu diperhatikan di sini adalah korosi, mungkin yang perlu bicara adalah pakar korosi dan di Milis ini sepertinya banyak. Berdasarkan pengalaman design, tidak ada larangan untuk membuat branch di pig line seperti tapping untuk instrument, by pass line dll. Sedangkan pengaruh ke metering rasanya jaraknya cukup jauh untuk bisa berpengaruh. Dari penuturan anda dan saya imajinasikan bahwa riser ini lurus dan cukup panjang dan belok di kedua ujungnya karena itu anda cari tahu bagaimana cara membuang air trapped. Yang saya nggak ngerti kenapa ada metering di flowline yang dilewati oleh pig (mohon dijelaskan).

Untuk minimum size ya tanya sama vendornya yang available berapa. Kalau semua tersedia ya tinggal pilih, tapi saya sarankan untuk tidak kurang dari 1 inch untuk stiffness. Kalau masalah ketahanan material dan tebalnya ya tinggal dihitung.

Pembahasan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: