Select Page

Menghitung kekuatan las (dlm hal ini fillet) adalah mencari tebal las2an tersebut yang bisa dihitung dengan mekanika teknik biasa yaitu dengan mempertimbangkan gaya yang akan bekerja pada lasan dan kekuatan material lasan itu sendiri (untk E7018, angka 70 menunjukkan tensile strength yang dimiliki oleh elektrode tsb) yang pada akhirnya menghasilkan dimensi lasan yang seharusnya dibuat.

Tanya – feby brian

Rekan2 milis,

Mohon informasinya formula untuk menghitung kekuatan las pada earthing lug memakai pelat 3/4′, dalam kasus ini jenis pengelasannya adalah fillet dan electrode yang di pakai adalah E 7018, saya ingin mengetahui maksimal kekuatan dari las tersebut ( crack) menahan bila di bebani. mohon pencerahannya, terima kasih.

Tanggapan 1 – adi yudistira

Pak Febry,

Dalam pengertian saya menghitung kekuatan las (dlm hal ini fillet) adalah mencari tebal las2an tersebut yang bisa dihitung dgn mekanika teknik biasa yaitu dgn mempertimbangkan gaya yg akan bekerja pada lasan dan kekuatan material lasan itu sendiri (untk E7018, angka 70 menunjukkan tensile strength yg dimiliki oleh elektrode tsb) yang pada akhirnya menghasilkan dimensi lasan yg seharusnya dibuat.

Namun bagaimanapun juga dimensi lasan sangat berkaitan erat dengan dimensi/tebal material yg akan dilas yg sudah dihitung terlebih dahulu tentunya. Nah kalau thickness material/member yg akan dilas sudah didapat maka bisa langsung aja pake rumus praktisnya yaitu Leg size = 0.7 x thickness member yg paling tipis.

Adapun Pak Febry menyinggung mengenai crack, menurut saya itu tidak terkait langsung dgn kekuatan ataupun tebal lasan. Maksudnya kegagalan menentukan tebal lasan tidak selalu akan berakibat langsung berupa crack. Crack itu defect yg terjadi karena berbagai sebab dan bukan disebabkan semata2 karena kesalahan menentukan dimensi / tebal lasan.

Earthing Lug kalo ga salah bebannya ga terlalu tinggi kan Pak? (CMIIW).

Mudah2an ada yg mengoreksi penjelasan saya diatas kalo ada yg salah atau kurang.

Tanggapan 2 – novembri nov

Saya agak kurang paham dengan earthing lug…apakah sama dengan lifting lug atau pad eye.
Coba kita anggap saja sama…
Untuk mengangkat material dengan lug ada beberapa factor yang harus diperhatikan tidak sekedar weld strength tapi juga design lug nya sendiri dimensi dan tensile material. Disamping itu juga harus dipahamai dari type stress yang dialami oleh material tsb yang akan mempengaruhi perhitungan gaya dan weld size.
Sedangkan untuk jenis weldingannya apakah fillet atau groove sepanjang kekuatan welding itu aman untuk mengangkat material itu ya boleh boleh saja dengan fillet atau dg groove. Kebanyakan orang lebih menyukai dengan mendesign fillet karena tinggal tempel di material dan weld.

Fillet Weld strength

Fillet weld strength ditentukan oleh through thickness dari weld size. Kalau weld sizenya arah Z dan Y sama maka nialain through thicknessya adalah 0.701* weld size. Dengan pendekatan rumus ó = F/A kita bisa menghitung kekuatan dari fillet weld tadi. Dimana A adalah luas area effective dari fillet yaitu trough thickness * panjang fillet weld. Hal lain yang harus diperhatikan adalah pendekatan safety koefisien. Untuk gaya geser tensile eff nya dipakai 0.6.
Perhitungan ini akan berbeda kalau liftingnya dilakukan dengan slink dengan sudut angkat tertentu. ( F sin dan F cos ).

Tanggapan 3 – Anto@e-steamboilers

Mas novembri pada dasarnya earth lug, lifting lug & etc… adalah sama yaitu attachment weld on vessel, bedanya adalah untuk earth lug biasanya tidak terlalu diperhitungkan karna merupakan non press. part (maksud sy bukan berarti klo non pressure part tidak perlu dihitung, mis : lifting lug). Klo merefer ke ASME Sect VIII.1 sketch. I sepakat yg disebutkan oleh mas yudistira UW-16 Leg size = 0.7 x thickness member yg paling tipis.

Alternative rules untuk design of welded joint refer ke Press. Vessel,
Anyway, apakah uji impact atao tarik cukup valid untuk mengetahui maks.
Welding strength dari case tsb ???.

Tanggapan 4 – novembri nov

Prinsip uji tarik saja udah cukup Pak.

Detailnya harus refer juga ke type stress yang akan dihadapi, angle ….( tarik, bending, puntir, dll ).

Tanggapan 5 – ekhwan hakim

If posible, could you provide the weld design and give skteches how the fillet weld design to accomodate stress introduced. Also give the approximete load to be satisifed the weld desing of the lug. Based on that detail I can advise the throat thicknees and lenght of the weld for that specific purposes.

Share This