NIOC mengharapkan akan memulai pengeboran di wilayah Caspian Sea Ira pada bulan depan dengan menggunakan newbuild semisubmersiblenya, Iran-Alborz.

Penulis : Offshore staff

NIOC mengharapkan akan memulai pengeboran di wilayah Caspian Sea Ira pada bulan depan dengan menggunakan newbuild semisubmersiblenya, Iran-Alborz.

Managing Director Seyfollah Jashnsaz mengatakan bahwa Petroenergy Information Network (Shana) milik negara, dua sumur deepwater – pertama untuk Iran di sektor ini – akan diatur oleh kontraktor pengeboran yang dimiliki asing.

Tetapi, sejak Iran telah menambah cukup pengalaman dalam kondisi tersebut, North Drilling Co. akan memiliki tanggungjawab pada pengoperasian masa yad dengan rig.

Jashnsaz mengatakan bahwa Iran telah mengindentifikasikan 20 anticlines di Caspian Sea. Diwaktu yang lalu, negara mengebor lima sumur di sektor shallow water, tapi hasilnya tidak komersial. Survey seismik dari area ini juga menyatakan tidak ada sumber hidrokarbon yang dapat dieksplor, karena itu memutuskan akan membangun Iran-Alborz.

Dia mengakui bahwa Iran telah ketinggalan dari negara lainnya di wilayah ini ditinjau dari sudut kemampuan deepwater, dan ini adalah salah satu dari penyebab utama mengapa eksplorasi dalam kedalaman terbesar tidak diutamakan sampai sekarang. Tapi, NIOC mengharapkan akan mendatangkan ahli dari Petrobas di pengeboran deepwater pada masa yang akan datang, menurut Khazar Oil Co. Managing Director Mohamed Hosein Dana.

Pembangunan dari 15,000-ton (13,608-metric ton) Iran-Alborz dimulai pada tahun 2004 – biaya pembangunan rig, tiga tugboats yang terkait dan operations support center di Neka adalah 500 juta dolar, tegas Hosein Dana. Salah satu dari tug juga akan memiliki kemampuan membantu pemasangan pipa di deepwater, tambahnya.

Iran telah memprioritaskan enam formasi geological di selatan dan barat Caspian Sea untuk pengeboran, dengan focus saat ini pada blok 6, 250 km (155 mi) offshore.

NIOC mempercayai penemuan komersial. Dengan mengikuti program rolling pengeboran direncanakan antara saat ini dan tahun 2011, NIOC mengharapkan di masa yang akan datang akan mengeksploitasi 200 minyak dan 20 bcm (706 bcf) gas setiap tahun dengan memakai FPSO.

Produksi dapat diangkut ke kilang minyak baru berdasarkan pembangunan di bagian dari Caspian coast di Iran.

Jashnshaz menambahkan bahwa NIOC telah masuk kedalam negosiasi dengan Petronas dengan maksud untuk melakukan pengoperasian seismik di blok Caspian Sea di masa depan.

Sumber: www.offshore-mag.com