Select Page

Secara umum Mechanical seal lebih kompleks susunannya dibandingkan dengan packing. Packing seal biasanya hanya berupa semacam sumbu yang dililitkan ke shaft pompa hingga beberapa lapisan axial. Sedangkan mechanical seal biasanya ada spring (pegas), bellow (untuk pompa dengan temperatur tinggi), mating ring — bagian yg bergesekan (biasanya materialnya silika vs karbida).

Tanya – Wawan Hendrawan

Kepada Mailing list Migas,

Saya mau menanyakan Sealing pada pompa, apa perbedaan dari mechanical seal dan packing seal, dan aplikasi dari type seal tersebut.

Terima Kasih.

Tanggapan 1 – sinthd@technip

Dear Pak Wawan

Menurut saya,

Mechanical dan packing seal secara visual dapat langsung di bedakan.
Secara umum Mechanical seal lebih kompleks susunannya dibandingkan dengan packing.

Packing seal biasanya hanya berupa semacam sumbu yang dililitkan ke shaft pompa hingga beberapa lapisan axial. Sedangkan mechanical seal biasanya ada spring (pegas), bellow (untuk pompa dengan temperatur tinggi), mating ring — bagian yg bergesekan (biasanya materialnya silika vs karbida).

Untuk penggunaannya :

Packing seal:

Untuk fluida air, dimana kebocoran fluidanya di izinkan/dibolehkan.
Aplikasi di : Raw water intake pump, fire water pump, etc.

Mechanical Seal:

1. Digunakan pada pompa dengan fluid service hydrocarbon, toxic fluid, dll, dimana kebocoran dari fluid service tersebut di haram kan / tidak boleh bocor.

2. Untuk fluid service dengan tekanan tinggi dan toxic fluid kadang menggunakan double mechanical seal (konfigurasinya bisa tandem maupun dual) dengan tambahan seal flush plan 52 or 53.
Applikasi pada pompa2 process, pompa dengan fluid service hydrocarbon, toxic fluid, etc.

Untuk lebih jelasnya bisa di baca di API 682.

Tanggapan 2 – lukman hakim

Pak Wawan,

Coba bapak baca di API 610, setau saya kalau mechanical seal artinya pompa tanpa kebocoran dan kalau gland packing berarti adanya kebocoran.

Tanggapan 3- Dedi Sopian

Mau menambahkan saja apa yg sudah dikatakan Pak Lukman:

Mechanical Seal : Tidak boleh bocor(ada semacam lip seal yg saling bergesekan dan saling menekan satu sama lain karena adanya pegas, dimana yang satu bagian diam yang terpasang pada catridge mechanical seal dan satu lagi yg berputar yang terhubung pada shaft motor, diaplikasikan untuk fluida-fluida yg mengandung chemical or sejenisnya (jadi jelas tidak boleh bocor) .

Gland packing : Emang didesain ada gapnya makanya dia bocor, karena fluida yg bocor itu berfungsi untuk pendingin gland packing itu sendiri (karena dia mesti bocor makanya hanya diperuntukan untuk fuida yang tidak berbahaya seperti untuk fresh water, air laut seperti fire pump, dsb).

Mungkin ada yg bisa menambahkan.

Tanggapan 4 – Silalahi Ricky Hendra

Sekedar menambah sedikit:

Perbedaan Mech seal dan Gland Packing terletak pada design pressure dan temperaturnya dimana Mech Seal lebih tinggi. Kalau untuk leakage Mech seal dan gland packing pasti ada leakage cuma persentase mech seal lebih kecil. Untuk zero leakage baiknya memakai non seal yaitu Magnetic Pump.

Share This