Mohon masukannya terkait Steam Hammer at steam condensate line, adakah solusi yang paling jitu untuk menanganinya? dari pendekatan proses (preventive) dan piping (corrective) tentunya. Sebagai gambaran, piping line ini adalah untuk service steam condensate, jadi kadang juga tercampur dengan steam ketika kondisi plant baru tidak stabil. Kadang karena penurunan pressure dan temperature system naik juga terjadi 2 phase. Jadi steam hammering sering terjadi dan menyebabkan stoppernya rusak, piping movement berlebih.

Tanya – achmad riyanto

Mohon masukannya terkait Steam Hammer at steam condensate line, adakah solusi yang paling jitu untuk menanganinya? dari pendekatan proses (preventive) dan piping (corrective) tentunya.
Sebagai gambaran, piping line ini adalah untuk service steam condensate, jadi kadang juga tercampur dengan steam ketika kondisi plant baru tidak stabil. Kadang karena penurunan pressure dan temperature system naik juga terjadi 2 phase. Jadi steam hammering sering terjadi dan menyebabkan stoppernya rusak, piping movement berlebih.

Tanggapan 1 – Rudy Alfiyansyah

Dear P. Budhi,

Terkait dg pertanyaan P.Riyanto di bawah, mohon kiranya attachment ini bisa di upload. Terima kasih sebelumnya.

Dear P.Riyanto,

Karena kebetulan kami adalah bagian dari divisi di perusahaan kami yang menangani steam, condensate & compressed air system, mungkin salah satu dokumen dari ‘Steam System Best Practices’ yang kami rilis ini bisa membantu bapak. Untuk konsultasi lebih lanjut dan kalkulasi lebih detil, bapak bisa menghubungi e-mail kami yg tertera pd dokumen tsb.

Tanggapan 2 – Budhi, Swastioko (Singgar Mulia)

Attachment terlampir.

Water hammer in a system

Steam Hammer at steam condensate line

Tanggapan 3 – Harri Djati Moeljoso

Saran,

– Tambahkan fasilitas steam trap & bypass valvenya untuk mengeluarkan condensate dengan cepat apabila terjadi hammering yang sangat hebat (dipasang pada sekitar system yang terjadi hammering), biasanya juga pada dead line (pipa ujung).

– Buka bypass valve steam trap pada waktu kondisi heating up atau saat hammering.
Mudah2an bermanfaat.