Surging ialah kondisi beban atau suply masuk tidak sebanding dengan keluaran atau pemakaian yang mengakibatkan fan impeler mengalami fibrasi akibat beban gesekan terhadap udara banyak contohnya kenapa dalam start blower atau compressor suction valve di tutup sampai 10 % keadaan tertutup tidak dibuka 100 % hal itu dimaksudkan agar kondisi fan impeller chamber dalam keadaan kosong sehingga fan impeller berputar tanpa beban terlebih dahulu, baru suction valve di buka perlahan lahan atau ini bisa terjadi ketika proses kelebihan pressure sehhinnga terjadi pressur balik ke kopressor atau blower.

Tanya – abetabet

Mohon penjelasan dari rekan rekan, tentang surging pada kompresor.

1. pengertiannya, dan apa penyebabnya?

2. dampak surging pada kompresor. sebelumnya saya pernah membaca, surging dapat meyebabkan kerusakan pada kompresor, seperti apa?

3. apakah surging dapat teradi pada semua jenis kompresor, aksial, radial, torak?

4. pencegahannya.

Terima kasih.

Tanggapan 1 – b_a_s

Mas Abet,

Boleh sharing ya..mudah2an bisa menjawab pertanyaan mas..

1. surging adalah aliran balik di dalam stage dynamic compressor. ini terjadi karena : kapasitas (by demand) berkurang sampai titik tekanan tertentu di system compressor itu sehingga tidak cukup lagi (tidak mampu) utk menjaga alirannya. (mudah2 bisa dimengerti). jadi secara realnya itu terjadi bisa karena: kapasitas yang digenerate kompressor itu berkurang drastis , mungkin di sisi downstream ada pengurangan pemakaian dlsb dan saya juga pernah ada pengalaman (dibuktikan dng test lapangan juga..CMIIW..) bahwa surge bisa juga terjadi klu effectiveness interstage coolernya jelek. Secara fisik kondisi surge ini sangat bisa didengar …dibagian intake filternya spt suara kereta api klu sudah parah. penyebab lain juga intake filter dp nya mungkin sudah diatas range. (so mungkin filter perlu di ganti atau di clean up) — kondisi surge yang parah sekali bisa membuat jebol filter – atau istilahnya rat hole.

2. yes.

3. cara mencegah: biasanya compressor sudah memiliki feature control utk pencegah surging ini. sebab klu surge dibiarkan lama lama secara fisik akan merusak compressor, disiplin utk restoration task (PM) clean up filter dng melihat dp filter dan juga clean up intercooler sisi airnya. kondisi cooling water system juga perlu dijaga di parameternya.

Semoga membantu…

Tanggapan 2 – Suryadi & Doni

Dear pa Abetabet

Kami bantu tentang surging sebatas kemapuan kami.

1.Surging ialah kondisi beban atau suply masuk tidak sebanding dengan keluaran atau pemakaian yang mengakibatkan fan impeler mengalami fibrasi akibat beban gesekan terhadap udara banyak contohnya kenapa dalam start blower atau compressor suction valve di tutup sampai 10 % keadaan tertutup tidak dibuka 100 % hal itu dimaksudkan agar kondisi fan impeller chamber dalam keadaan kosong sehingga fan impeller berputar tanpa beban terlebih dahulu, baru suction valve di buka perlahan lahan atau ini bisa terjadi ketika proses kelebihan pressure sehhinnga terjadi pressur balik ke kopressor atau blower.

2.dampak kerusakan yang akan terjadi yang paling pertama ialah Vibrasi yang besar mengakibatkan seluruh bagian kopresor bergetar, bunyi yang mendengung, dan terjadi beban lebih pada drive motor.

3. surging hanya terjadi pada compresor axial, Centrifugal, fan blower, tidak terjadi pada displasment compressor, sepengetahuan kami compresor radial itu tidak ada pak, tapi mungkin pengetahuan kami yang terbatas,

4. pencegahanya di pasanglah anti surge system yaitu menyamakan keadaan suction & discharge pada kompressor tersebut dan membuang kelebiahan pressure ( Purge vlave ) , jika terjadi kelebihan pressure otomatis valve suction perlahan lahan mengecil ( menutup ) dan purge valve membuka sampai pada pressur aman biasanya menggunakan Control Valve, atau flow control valve akan tetapi pada setiap compressor dibuat sytem load & unload sytem yang bertujuan untuk mengurangi dampak surging.

Mungkin sedikit pengetahuan kami dapat membantu pencerahan bapak mohon maaf juka kekurangan penjelasanan karena keterbatasan kami.

( kita sama sama belajar ko Pak )

Tanggapan 3 – Andi S

Yth. Bapak-Bapak/Ibu Ibu,

Saya, Andi dari Compressor Controls Corporation – Indonesia. Saya punya beberapa slides untuk menjelaskan surging pada compressor. Slides berisi tentang penyebab surge dan cara-cara mencegah/melindungi compressor terhadap surge.

Apbila bapak berkenan, mohon untuk mengirimkan email kosong ke alamat pamccc@… saya akan megirimkan slides tersebut.

Terima kasih,

Tanggapan 4 – Admin Migas

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai fenomena surging pada kompresor, Mas Andi telah mengirimkan 2 dokumen mengenai CCC Turbomachinery Control System, berikut dengan penjelasannya. Bagi yang berminat, silahkan download dari URL : http://migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=159&Itemid=42. Pada folder ini, anda dapat juga mendownload beberapa referensi untuk rotating equipment seperti terlihat di bawah ini.

1. CCC Turbomachinery Controls System

2. CCC Turbomachinery Controls System – Slide Explanation

3. Centrifugal Pump Operation

4. Centrifugal Pump Trouble Shooting

5. Engineers’ Guide to Rotating Equipment – The Pocket Reference

6. Gas Turbine: Introduction and Brief Technical Evaluation Guidelines

7. Pengantar Untuk Pump Technology

8. Pengantar Untuk Rotating Equipment

Ada anggota yang berminat menambahkan koleksi folder di atas ?

Kirimkan saja ke saya via japri.