Select Page

Untuk manage maintenance kalau menggunakan spreadshet sudah sangat tidak relefan lagi karena begitu luas dan kompleknya data-data maintenance yang sekaligus link ke accounting Disarankan menggunakan minimal program CMMS (computer maintennace management system) yang sebelumnya sudah dibahas panjang lebar di forum ini, untuk macam macam nya sangat banyak sekali contohnya MAXIMO, JD, dll.

Tanya – Budi Arman

Bapak2 milist,

Mohon bantuan.. apa ada yang punya semacam spreadsheet ato software untuk keperluan memanage maintenance (scheduling) untuk material atau equipment di storage/plant..
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Tanggapan 1 – Gito

Pak Budi

Untuk manage maintenance kalo menggunakan spreadshet sepertinya sudah sangat tidak relefan lagi karena begitu luas dan kompleknya data-data maintenance yang sekaligus link ke accounting.

Disarankan menggunakan minimal program CMMS (computer maintennace management system) yang sebelumnya sudah dibahas panjang lebar di forum ini, untuk macam macam nya sangat banyak sekali, contohnya MAXIMO, JD, dll.

Tanggapan 2 – Maruli Parlin

Alternatif lain mungkin bisa dengan system Elips. System ini baik dan bisa memanage plants equipment yang harus di PM secara berkala, system material datas, parts, cost dan manpower, juga bisa me recall ulang hystorical dari setiap equipment. Tetapi harganya lumayan mahal Mas.

Jika budget untuk pembelian software atau pembelian system sangat terbatas mungkin di generate sendiri saja tetapi memang jadi sistemnya manual. Untuk plant kecil atau yang tidak banyak equipmentnya mungkin masih lumayan.

Tanggapan 3 – arif wibowo

Wah gak jamannya lagi pak pakai spreadsheet/logsheet/checksheet, sudah banyak kok yang menyediakan sistem baik software dan hardware utk mencegah human error dalam pengumpulan data. Baik offline atau online, coba cari digoogle PLANT INFORMATION MANAGEMENT SYSTEM, PERFORMANCE MONITORING SYSTEM, ONLINE/OFFLINE MONITORING SYSTEM.

Atau coba buka situs www.mpgtech.com, untuk offline/online performance monitoring, atau bisa buka situs www.bkvvibro.com untuk manage condition monitoring.

Tanggapan 4 – Farid Maloni

Mas Sofware CMMS untuk skala perusahaan small medium mungkin bisa coba di lihat product Datastream 7i keluaran Datastream (www.datastream.net). Saya pernah menggunakan mulai dari installasi data upload dan hingga pengunaannya, cukup simple untuk small medium plant.

Share This