StatoilHydro berharap kemajuan produksi 1.5 juta standard cu m/tahun gas alam pada tahun 2009-10 dari Tune South satellite well, yang terhubung ke lahan Oseberg di Norwegian North Sea.

Penulis : Uchenna Izundu

StatoilHydro berharap kemajuan produksi 1.5 juta standard cu m/tahun gas alam pada tahun 2009-10 dari Tune South satellite well, yang terhubung ke lahan Oseberg di Norwegian North Sea.

Tune South, subsea template development, memulai produksi pada 18 Juli.

Torstein Hole, senior vice-president pengoperasian cluster bisnis bagian barat di StatoilHydro, mengatakan, “ pada produksi tahun pertamanya, Tune South akan mempertanggungjawabkan 10% dari ekspor gas dari pusat lahan Oseberg. Ini akan menjadi kunci kontribusi dalam memaintenance pengembangan produksi yang positif di Oseberg.”

Lahan satellite berada di 10 km barat daya dari Oseberg field center, dan gas akan dikirim melalui kapasitas free di infrastruktur yang ada di Oseberg. Tune South telah menjamin pada tahun 2002.

“Pengembangan terdiri dari single satellite well yang terhubung ke Tune Main, dan juga modifikasi untuk platform Oseberg D,” menurut StatoilHydro.

Pada tahun 2006, pipeline dan umbilical dipasang dan disambungkan ke Tune Main dengan sumur yang sedang dibor tahun ini dan menghubungkan ke satellite pada musim panas.

Cadangan Oseberg memiliki lebih daripada dua kali lipat, dari 1 milyar bbl ke 2.4 milyar bbl karena pengembangan satellite. Sejauh ini, cadangan sudah dalam produksi 20 tahun.

Satellit Tune, Oseberg western flank, Oseberg South J-structure, Gamma Main Statfjord, and Oseberg Delta are mengkontribusikan lebih dari 170 juta boe pada tahun 2009.

Pada bulan Maret, StatoilHydro bahkan menjamin banyak minyak dan gas di sumur Katla wilayah Oseberg. Prospek ini kemungkinan juga akan dikembangkan dan dihubungkan kembali ke infrastuktur subsea yang ada di wilayah Oseberg.

StatoilHydro mengoperasikan lisensi dengan 50% saham, dan partnernya adalah Petoro dengan 40% dan Total E&P Norge dengan 10%.

Sumber: www.ogj.com