Coating base nickel (Ni) memiliki keunggulan proteksi terhadap corosion (terutama terhadap lingkungan alkalin), karena Ni memiliki sifat natural hardness yg kuat dan superior terhadap abrasi. Karena sifatnya juga sebagai “permanent lubricity” maka doi tahan terhadap chemical serta tahan panas. Metode yg paling sempurna untuk Ni sebenarnya dgn cara electro plating sehingga perlindungan surface-thickness- dapat merata (uniform dan strong adhesion).

Tanya – arifin.muhammad@kpi

Dear member milis migas,

Di plant kami ada reformer dan diberikan suggest oleh vendor untuk dilakukan coating dengan base nickel pada lining-nya.
Mungkin ada pengalaman untuk bisa di-share dan benefit dari coating tersebut?

Tanggapan 1 – ardiann

Pak,

Coating base nickel (Ni) memiliki keunggulan proteksi terhadap corosion (terutama terhadap lingkungan alkalin), karena Ni memiliki sifat natural hardness yg kuat dan superior terhadap abrasi. Karena sifatnya juga sebagai “permanent lubricity” maka doi tahan terhadap chemical serta tahan panas.

Metode yg paling sempurna untuk Ni sebenarnya dgn cara electro plating sehingga perlindungan surface-thickness- dapat merata (uniform dan strong adhesion).

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – andisetiawan@pal

Pak,

Menambah info dari Pak Ardian, bisa juga dengan system Thermal Spray Coating, coba hubungi direct ke mailto:larasanto@telkom.net Mungkin bermanfaat buat Bapak.

Tanggapan 3 – sabandi.ismadi@tetrapak

Thermal Spray juga bisa untuk melakukan coating dan Hardfacing terutama jika ingin mendapatkan tebal coating yang besar coba hubungi Teknokraft Asia (Mr.stephen James Booth atau Trisna Sumaryanta ) berlokasi di daerah Cilandak Comersial Estate PH: 021-5415971.

Tanggapan 4 – darma@adhireksa

Pak Arifin,

Ada beberapa cara untuk melakukan pelapisan dengan nickel, Ada dengan Electroplating, dan ada juga dengan welding ( Cladding istilahnya ). Tinggal bagaimana spesifikasi pelapisan yang diinginkan. Jika lapisan yang dinginkan hanya tipis dan benda yang akan dilapisi kecil, mungkin cara electroplating yang paling cocok. Tetapi jika lapisan yang cukup tebal dinginkan ( diatas 5 mm ) dan benda yang akan dilapis cukup besar, maka cara welding yang paling cocok. Cara welding juga ada 2, bisa dengan metal spraying atau dengan Arc welding Mungkin ini masukan yang bisa saya berikan.

Tanggapan 5 – iwan13@gmx

Pak Arifin,

Kalau boleh tau, dimana ya persisnya yang akan di coating? Lalu apa ya alasan vendor untuk coating nickel ini? Apakah sama dengan yang diutarakan oleh Kang Ardian dibawah ini?

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut: