Integrity dari tabung, valve, regulator – hose – dan kompor nya ..perlu lembaga inspeksi dan sertifikasi yang jelas dan jujur. Sepertinya ngga ada sama sekali yang melakukan inspeksi dan sertifikasi thd barang diatas… Banyak equipment tersedia di pasaran retail..dan semua menyebut dirinya nomer 1. Ini wewenang siapa? BP Migas, Dirjen Migas, Pertamina atau YLKI atau mungkin juga polisi ???… Ini menyangkut keselamatan thd rakyat yang mestinya disediakan oleh Negara.

Pembahasan – Amal Ashardian

Integrity dari tabung, valve, regulator – hose – dan kompor nya ..perlu lembaga inspeksi dan sertifikasi yang jelas dan jujur.

Sepertinya ngga ada sama sekali yang melakukan inspeksi dan sertifikasi thd barang diatas… Banyak equipment tersedia di pasaran retail..dan semua menyebut dirinya nomer 1. Ini wewenang siapa? BP Migas, Dirjen Migas,
Pertamina atau YLKI atau mungkin juga polisi ???… Ini menyangkut keselamatan thd rakyat yang mestinya disediakan oleh Negara.

Pernah needle valve tabung gas di rumah saya ngga bisa menutup saat regulator dilepas dari tabung. Gas ngowos…membuat panik…..Needle valvedikepala tabung ini ..tentunya property nya Pertamina.. Bagaimana pertamina menjamin bahwa semua needle valve tabung itu semua dalam kondisi sehat dan layak pakai?

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/07/13/09102421/Kompor.Bocor.Penyebab.Kebakaran.di.Kedoya.

Kompor Bocor Penyebab Kebakaran di Kedoya

Senin, 13 Juli 2009 | 09:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebakaran di Rumah Makan Soto Lamongan, Kedoya, Jakarta Barat, menyebabkan tujuh orang tewas dan dua orang terluka. Berdasarkan penyelidikan polisi, kebakaran disebabkan oleh tabung gas yang bocor.

‘Sementara ini, kebakaran disebabkan oleh tabung gas yang bocor. Namun, hasil resminya menunggu Puslabfor dari Mabes Polri. Ada dua tabung gas yang diamankan saat ini,’ ujar Kepala Kepolisian Resor Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Komisaris Polisi Hendra Gunawan kepada wartawan di lokasi kejadian, Jakarta, Senin (13/7).

Pada saat ini, dua tabung yang diduga bocor itu dibawa ke Puslabfor Mabes Polri untuk penyelidikan. Sementara itu, lanjut dia, Polisi juga akan memeriksa saksi-saksi. ‘Ada karyawan dan pemilik,’ kata dia.

Menurut dia, api diperkirakan menyebar pada pukul 04.00. Kebakaran itu menewaskan tujuh karyawan dan membakar habis seluruh bangunan beserta tiga mobil, salah satunya mobil mewah, dan satu kendaraan roda dua.

Kerugian materil, lanjut dia, saat ini masih dihitung. Lokasi kebakaran juga telah diberi garis polisi.

Tanggapan 1 – Agus Umaryasin

Kebakaran akibat tabung gas bocor bisakah kita menuntut Pertamina?

Tanggapan 2 – ROSES-Man

Selain itu sealnya pak, yang sering masalah…., begitu buka segel… pas dipasang bocor terus, ternyata sealnya ada yang rusak malah pernah kejadian gak ada seal. akhirnya congkel dari tabung yang laen. akhirnya sekarang kl di tabung sealnya masih bagus, pas dituker sealnya saya ambil…..

Dan yang paling penting aadalah kualitas hosenya, karena ini yang rawan… kebocoran yg sukar diperiksa… kecuali kalo pake pelindungnya.

Tanggapan 3 – donny GUSTIAN

Kebetulan saya jg pernah ngalamin kejadian ini, pentil atau needle valve nya masuk kedalem dan yg terjadi gas metu dengan sempurna, dalam kondisi yg panik saya bawa keluar dan rumah kemudian dibalik dengan nozzle dibenamkan kedalam tanah….alhamdulillah masalah teratasi, spertinya pentil nya kembali ke posisi normal mungkin karena ada tekanan dari tanah tersebut. besoknya tabung saya balikin ke penjual dan di ganti yg baru… free of charge.
nah yg jd pertanyaan adalah jika pentil tersebut rusak kemana kita mo komplain??? dan sejauh mana garansi yg diberikan oleh produsen????

Kalo seal jangan ditanya pak…..pasti masalah melulu……..

Tanggapan 4 – Teguh Santoso

Bapak2 yth,

Kebetulan saya minggu lalu melihat salah satu SPBBE dalam proses filling botol LPG 3 kg. Dalam conveyor berjalan tabung 3 kg diletakkan. Sebelum masuk ke filling machine, salah satu operatornya bertugas mengecek apakah seal yang ada di tabung tsb rusak/tidak ada. Jika ada yang rusaj maka seal akan diganti baru. setelah lewat filling machine, ada operator yang bertugas mengecek kebocoran tabung sekaligus mengecek timbangan. Bila ada kebocoran pentil/rusak maka isi tabung akan dipompakan kembali ke tanki timbun dan tabung akan disortir/direject. Nah, operator SPBBE tinggal laporan ke pertamina bahwa ada tabung yang rusak. tabung yang rusak akan dikirim ke pertamina dan pada SPBBE tersebut telah tersedia tabung baru cukup banyak.
Jadi kalau ada pentil rusak cukup kembalikan ke agen saja pak, maka pada saat refill di SPBBE, tabung yang rusak tsb akan tersortir..

Masalah seal, sama pak.. saya sering mengambilnya sebelum tukar dengan yang baru.. kan sudah ada SPBBE…

Tanggapan 5 – Crootth Crootth

Wah kalau main ambil seal gini kan, resiko (istilah kerennya : Residual Risk) terbesarnya di TRANSFER ke pengguna tabung berikutnya, bisa berbahaya itu… apalagi bila pengguna tabung yang dicabut sealnya tadi tidak melakukan hazard identification…hehehe.

Tanggapan 6 – ROSES-Man

Seperti Pak Teguh Santoso bilang mas, begitu masuk refilling station pasti dicek dulu…. nah masalahnya begitu selesai refilling sepertinya gak dicek lagi, jadi sealnya ada yg rusak. aku gak tahu SOPnya sih….. biasanya di agen2 tersebut punya spare seal, gak tahu darimana…. bisa diminta gratis, atau tuker ulang tabung. dan kebiasaan sih, kl yg masang ibu2 pasti minta tukang gasnya langsung yang masangin di kompor…… jadi bisa terdeteksi kl ada gas bocor……

Gitu loh mas garonk, salam ludruk yo mas….

Tanggapan 7 – Endri Prasetyo

Mumpung ngomongin kompor LPG, ada yang bisa memberikan pencerahan bagaimana cara memilih hose yang sesuai, materialnya apa, sebaiknya diganti untuk jangka waktu berapa lama, kalau beli di toko visualnya bagaimana? Saya rasa info ini bermanfaat bagi yang lain.

Tanggapan 8 – Teguh Santoso

pak endri,

tekanan tabung elpiji berkisar antara 5 – 6 kg/cm2r (70- 90 psi), jadi sebenarnya hose dengan rating 150 psi sudah cukup kuat. Hal hal lain tentang keselamatan elpiji di rumah tangga bisa diunduh di web KMI www.migas-indonesia.net, klik icon download kemudian pilih folder kompulan dokumen KBK HSE, klik lagi di folder KBK-HSE safety di rumah tangga. mudah mudahan bermanfaat.

Tanggapan 9 – Akh. Munawir

Kadang Clamping antara Nozzle dr Tabung dgn Hose yang kurang ‘Kuat’ atau bisa juga Hose bocor karena tabung sering digeser2/pindah posisi hingga hose yang dijepit/clamped menjadi sobek.

Tanggapan 10 – Admin Migas

Terima kasih atas kiriman dokumen ‘Menggunakan LPG Secara Aman’ dari Mas Chozin Asror, yang sangat bermanfaat untuk diketahui para ibu rumah tangga, pembantu dan masyarakat luas. Bagi anda yang ingin memiliki presentasi di atas, silahkan download dari URL : http://www.migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=242&Itemid=42. Sudah ada ratusan orang yang mendownload artikel di bawah ini.

1. Home Electrical Safety

2. Kadaluwarsa Tabung Elpiji

3. Keselamatan Memakai Elpiji

4. Menggunakan LPG Secara Aman (NEW)

5. Pedoman Teknis Instalasi Pengisian, Transportasi, Penanganan dan Penggunaan serta Pemeriksaan Berkala Tabung LPG.

6. Pedoman Teknis Instalasi Pengisian, Transportasi, Penanganan dan Penggunaan serta Pemeriksaan Berkala Tabung LPG – Presentasi.

Ayo… siapa lagi yang ingin berbagi informasi yang bermanfaat bagi kepentingan anggota Milis Migas Indonesia yang lainnya ?.
Silahkan kirimkan dokumen tersebut ke saya untuk saya upload ke situs Migas Indonesia Network.
Sehingga dapat di-download oleh seluruah Anggota Milis Migas Indonesia dan publik umum.