Untuk fire water caisson dan seawater caisson sebenernya agak2 mirip yang mana fungsinya sbg protection drpd FW Pump dan Seawater lift pump terhadap wave dan sebagainya, biasanya kalau di offshore kedua pompa ini berjenis vertical (vertical turbine utk yg FW pump). Pump column assy. dan pump bowl assy. nya terletak didalam caisson trsbt dan biasanya si VENDOR pompa akan advice minimum ID si caisson nya.

Tanya – cak.topan@batam

Bapak dan ibu;

Saya seorang Civil Engineer yang baru nyemplung di dunia Oil and Gas.
Kebetulan saya bekerja di proyek pengerjaan jacket. Karena ga ada background di O&G sebelumnya, saya jadi bertanya2 apa yang sebenarnya saya kerjakan ini.

Yang saya tanyakan adalah mengenai caissons:

[0] Sebenarnya apa itu caisson dalam konstruksi offshore. Sempat ber-wiki, tapi caisson yang dijelaskan sama seperti yang pernah dijelaskan dalam kuliah teknik sipil.

[1] ada bermacam tipe caissons di projek saya. ada yang firewater, seawater, open drain, sewage dan essential services. mohon dijelaskan apa fungsinya masing2.

[2] jika ada buku, link ato referensi sederhana yang bisa saya baca, mungkin boleh juga di-share.

Matur nuwun dan selamat bekerja.

Tanggapan 1 – Bently Nurpatriawira

Cak Topan (wanda?)

Untuk fire water caisson dan seawater caisson sebenernya agak2 mirip yang mana fungsinya sbg protection drpd FW Pump dan Seawater lift pump terhadap wave dan sebagainya, biasanya kalau di offshore kedua pompa ini berjenis vertical (vertical turbine utk yg FW pump).

Pump column assy. dan pump bowl assy. nya terletak didalam caisson trsbt dan biasanya si VENDOR pompa akan advice minimum ID si caisson nya.

Untuk sewage caisson, ini untuk pembuangan akhir dr sewage water treatment yg mana seawage water treatment ini untuk treated black water dan grey water, setelah di treated maka akan langsung dibuang ke caisson ini dan biasanya akan ada sample connection untuk mengecek apakah air buangan ini sudah sesuai dgn yg di standarkan pemerintah setempat.

Caisson2 ini kebanyakan menggunakan material structural (kadang sama dengan jacket leg).

Kalau tidak salah bisa refer ke API RP 2A.

Kalau ada tambahan dr temen2 yg lain dimari kalau ada koreksi jg monggo.

Tanggapan 2 – cak.topan@batam

Matur nuwun jawabannya, pak Bently

Ini pertanyaan lanjutan pak.

Dibawah ini bapak nyebutin tentang firewater pump dan seawater lift. nah, apa itu? apa fungsinya 2 bagian itu dalam proses yang berlangsung di topside.

Untuk sewage caisson, ini untuk pembuangan akhir dr sewage water treatment yg mana seawage water treatment ini untuk treated black water dan grey water.

Saya ndak paham apa itu black water dan grey water. bisa diterangkan lebih lanjut, pak.

Maap pertanyaannya mendasar sekali. appreciate atas respon nya.

Tanggapan 3 – T.Prasetyo

Kalo dilihat dari segi costnya akan sangat mahal untuk pemasangan caissons untuk FWP application.
Jika digunakan untuk proteksi terhadap wave, apakah ada metode lain yg lebih simple dan reliable untuk FWPnya jg?

Mohon informasinya…

Tanggapan 4 – Maruli Parlin

Pak saat ini untuk proteksi umumnya dipakai caisons karena simple dan tidak mahal jika dibandingkkan dengan Fire Water Pump yang jauh lebih mahal dan sangat vital peruntukannya untuk plant.

Saya pernah memasang beberapa vertical turbin fire pumps di muara sungai dan laut semua menggunakan caison. Di muara Caison melindungi vertical turbin pump dari hantaman kayu kayu yang terbawa di sungai. Terutama pada saat air surut arus sungai sangat deras. DIlaut seperti yang sudah dijelaskan proteksi dari ombak pada saat pasang surut. Vertical pump pada umumnya mempunyai shaft yang lumayan panjang. Jadi sangat risk terhadap beban gaya dari samping seperti arus atau ombak yang disebutkan diatas.

Memang tradeoff nya di project cost, quality dan time sangat penting tetapi untuk Fire Pump yang sangat vital saya kira cost bisa ditambah supaya quality didapat.

Semoga membantu.