Automatic Recirculating Valve biasanya dipakai untuk proteksi pompa sentrifugal thd low flow ( minimum flow) atau reverse flow. Bisa di’surf’ ke Tico valves atau Yarway valves. Valve ARC ini menurut vendornya berfungsi sebagai check valve sekaligus.

Tanya – Hari Supriyadi

Pak Waskita dan teman instrument mau minta tolong apakah ARC valve yang berfungsi sebagai split flow juga mempunyai fungsi seperti check valve sehingga setelah ARC valve tidak perlu dipasang valve ?

Untuk Fluida apa batasan dapat digunakan ARC valve ? yang ada di pabrik saya hanya di Boiler Feed Water apakah untuk fluida aMDEA ( CO2 removal) juga dapat dipasang? batasan ukuran valvenya min/maxnya berapa?

Menurut pengalaman seringkkah ARC valve ini leak ( tidak rapat betul) sehingga minimum valve nya selalu ada bocoran?

Atas bantuannya diucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – Waskita Indrasutanta

Maaf saya kurang paham apa yang disebut sebagai ARC valve.

Juga apa yang disebut sebagai fluida aMDEA ( CO2 removal)?

Mohon dijelaskan atau kalau ada informasi di internet yang bisa diperlajari.

Tanggapan 2 – Gunawan Siregar

Pak Hari Yth,

Apakah yang dimaksud ARC adalah Automatic Recirculating Valve yang biasanya dipakai untuk proteksi pompa sentrifugal thd low flow ( minimum flow) atau reverse flow. Kalau iya, mungkin bisa di’surf’ ke Tico valves atau Yarway valves. Valve ARC ini kata vendornya berfungsi sebagai check valve sekaligus.

Selama saya bekerja dikilang yang ada CO2 removalnya, belum pernah dengar ARC valves dipakai untuk CO2 removal units. Biasanya ARC valve ini dipakai untuk aplikasi Boiler Package. Kalau dia sering leak, mungkin perlu dilihat kelas leakagenya. Boleh jadi dia memang tidak reliabel dan perlu diganti dgn merek lain. Kami pernah punya pengalaman dgn paket GasTurbine untuk Bleed Valvenya. Setelah kami kumpulkan data dan simpulkan ia tidak reliabel, Bleed Valve itu digantikan dgn merek lain. Itu sah-sah saja, khan bolanya sekarang ditangan Pak Hari.

Mudah-mudahan bisa sedikit membantu.

Tanggapan 3 – Hari Supriyadi

Pak Gunawan terima kasih infonya.Yang dimaksud ARC persis seperti yang bapak definisikan, mungkin saya salah mengklasifikasinya bukan di instrument tetapi di piping.

Tanggapan 4 – Cahyo Hardo

Unit ini dulu dipasang di fire water pump di Badak Plant sewaktu commissioning combine fire water system Vico-Total untuk TRF plant. Fungsinya persis seperti yang dikatakan rekan2 sebelumnya. Reliabilitinya?

Terus terang saya tidak tahu, mungkin bisa diceritakan oleh rekan2 dari Vico.

Tanggapan 5 – Albert Sitanggang

Kalau tak salah, Coba minta informasi ke vendornya, PT Kota Minyak pak Gustombang P.
Mungkin beliau lagi online di milis ini.????

Tanggapan 6 – Sabar B. Manurung

Pak Hari Yth,

Banyak cara yang di ambil Engineering Consultant termasuk di tempat saya TECHNIP – COPLEXIP untuk mengatasi Dry Pump atau Minimum Flow antara lain sbb :
Dengan menggunakan Orifice plate selanjutnya sensor ini akan mengontrol control valve di downstream pompa, guna mengembalikan media ke tanki. Dengan menggunakan RESTRICTION ORIFICE PLate yang secara terus menerus mengembalikan media ke tanki untuk minimum flow. Dengan menggunakan ARC Valve seperti apa yang Bapak bicarkan di bawah ini yang bekerja secara Mechanis.
Seluruh system diatas tidak terbatas penggunaan nya untuk media tertentu seperti LNG atau CO2 seperti bahasan di bawah ini tapi lebih mengarah bagaimana Centrfugal pump tidak rusak / mati2 terus akibat overtemperature karena Dry pump , sehingga kita atasi dengan MINIMUM FLOW dengan menggunakan 3 methode yang diatas tadi.

Untuk lebih jelas mengenai ARC Valve ini silahkan pergi ke portal :

www.hbe-engineering.com

Automatic recirculation valves from HBE provide effective centrifugal pump protection from serious damage which can result from temperature rise or instability if operated below the required minimum flow.

In addition the HBE automatic recirculation valves are highly cost effective by combining the multiple functions of main flow check valve, flow sensing, minimum flow control, pressure reduction, and pulsation dampening into a single valve body.

Sekian semoga bermanfaat bagi rekan professional lainnya.

Tanggapan 7 – Hari Supriyadi

Terima kasih Pak Sabar atas informasinya , saat ini kami sudah memasang ARC valve ( 10”) dengan fluida aMDEA posisi horizontal tanpa tambahan Check valve di down streamnya.