Membuat tray columns sebenarnya banyak fabrikator yang bisa karena cukup simple, hanya saja designnya yang cukup sulit dan di Indonesia ini belum ada yang bisa melakukannya yang applicable secara bisnis. Yang banyak hanya agen, setelah design dan drawing ada dari licencer baru bisa dibuat di Indonesia.

Tanya – Abdurrahman

Yth. Rekan-Rekan Migas Online

Saya ingin menanyakan apakah sudah ada fabricator di indonesia yang bisa membuat Tray (tidak import).

Tanggapan 1 – Abdurrahman

Yth. Rekan-Rekan Migas Online

Saya ingin melengkapi pertanyaan saya sebelumnya dimana yang saya maksud adalah Trayed Column.

ingin menanyakan apakah sudah ada fabricator di indonesia yang bisa membuat Trayed Column (tidak import). untuk internal Amine Absorber (CO2 Removal).

Tanggapan 2 – Adhia Utama Jauharuddin Madhan

Pa Abdurahman,

Yang saya tahu Perkasa Engineering biasa menerima pesanan untuk membuat process equipment. Mungkin rekan lain bisa menambahkan.

Tanggapan 3 – Alex Herianto

Yth Pak Abdurrahman,

Mungkin ATMI Solo atau Polman Bandung bisa menjawab pertanyaan bapak.
Setahu saya dulu basic education dari ATMi Solo pertama kalinya adalah Sheet Metal, dikerjakan oleh mahasiswa yang professional dan Instruktur yang handal.
Sama dengan POLMAN Bandung (Dulunya PMS (politeknik Mekanik Swiss)-ITB), institusi ini juga Base Education Product, dan lebih kearah Tooling nya, untuk engineering Polman cukup handal.

Bapak bisa masuk ke Web dibawah ini untuk cari infonya.

http://www.igi-alliance.com/institut2.php?Id=4

Semoga bermanfaat,

Tanggapan 4 – harimurti.hadinoto

Banyak kok. Memang spesifikasi diperlukan untuk mencari kelas tray yang diperlukan.

Sekedar contoh saja ya :

PT. NOBI, tel 021- 4603170 (5lines); 4601676 dengan Pak Imam.

PT. AMETEK Prima tel 021-5400924 Sales : 021-8470776; 021-8470682

Tanggapan 5 – Agus

Dear Pak Abdurrachman,

Please tell me what kind of tray do you would like to fabricate in Indonesia.
Three months ago, I sent an order to local fabricator to make three sets of sieve tray made from Alloy-20.
The sieve tray was fabricated by laser cutting machine. If you know the dimension and material, you will easily to order what you want.
For detail info please contact my private e-mail.

Tanggapan 6 – Drajad Agus Widodo

Bapak bisa hubungi PT SURYA BESINDO SAKTI yang membuat tray atas lisensi dari KOCH GLITSCH, INC dengan phone 021 6340175 fax 021 6340766, 6341852.

Tanggapan 7 – sulton amrullah

Ente bisa tanya pada Fabricator Process Equipment Seperti PT. Puspetindo Gresik, karena fabricator ini pernah dan mampu bikin berbagai macam column dengan berbagai macam jenis tray (Bubble, Sieve ataupun Valve tray) dari berbagai macam Vendor Koch, McKenzie, Suzzler dll.

Tanggapan 8 – Drajad Agus Widodo

Saya rasa Pak Adhia Utama, Pak sulton dan Pak Alex Herianto salah persepsi dengan internal tray column ini. Yang dimasuksud tray column disini adalah internal dari column yang terdiri dari tray, packing, bed limiter dll, bukan column itu sendiri. Kalau column sendiri banyak fabricator yang bisa. Tapi untuk internalnya setahu saya fabricator dalam negeri hanya SBS yang punya lisensinya, untuk Sulzer setahu saya dibuat di Singapore, lisensi di Indonesia tidak ada.

Tanggapan 9 – sulton amrullah

Pak Drajat,

Maaf Pak Drajat kalimat saya salah, memang fabricator di Indonesia banyak yang jago bikin Column seperti Puspetindo Gresik pernah bikin Column dengan panjang 75 meter tanpa dipotong untuk project di Malaysia dan 51 meter (Column C-8-13 A/B) untuk Pertamina UP V Balikpapan tetapi untuk internalnya (Tray) dari vendor di Australia McKenzie.

Tanggapan 10 – Alvin

Pak Agus saya rasa benar,

Kalo columnnya banyak yang bisa fabrikasi, tapi internal atau tray-nya sendiri masih diproduksi di luar negeri misalnya Mc Kenzie, Koch Glitch, dll. SBS kalo ngga salah memang saat ini sudah pegang lisensi buat di dalam negeri sementara Sulzer dibuat di Singapore. Kayaknya teman2 darimechanical yang lebih bisa menjawab karena sudah hafal vendor2 pembuat tray column itu sendiri bukan columnnya, dan tentunya fabrikator column yang sangat bisa menjawab. Silakan ditambahi atau dikoreksi bila salah ……

Tanggapan 11 – Naim Rappe

Sedikit meluruskan tentang fabrikasi tray columns, bahwa membuat tray columns sebenarnya banyak fabrikator yang bisa karena cukup simple, hanya saja design nya yang cukup sulit dan sepengetahuan saya di Indonesia ini belum ada bisa melakukannya yang applicable secara bisnis.
Yang banyak hanya agen, setelah design dan drawing ada dari licencer baru bisa dibuat di Indonesia. demikian infonya, itu sepengetahuan saya.