Wireless Router kombinasi dari AP, WLAN switch dan router yang langsung terhubung ke backbone ISP connection. Manajemen pada wireless router, biasanya lebih sederhana sehingga mudah digunakan untuk menghubungkan komputer klien ke internet. Teknologinya tetap mengacu pada standar IEEE 802.11. Atau singkatnya, router dipakai dengan kabel langsung sedangkan Accees Point diakses melalui WiFi.

Tanya – hadi muttaqien

Dear rekan milis,

Mohon sharing pengalamannya memilih merk Wireless Router, di market saya lihat ada beberapa merk seperti Linksys, Motorolla, dll. Yang saya cari tuh yang bisa tembus dinding tanpa masalah dan downloadnya kenceng banget, tahan panas dan tahan lama (maksudnya perangkatnya).
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Tanggapan 1 – dimas_ikbal

Mungkin bisa pake wireless type-N pak, radiusnya lebih luas. Kalau bisa perangkat telpun cordless dihindari pak karena akan berpengaruh thdp kualitas jaringannya. CMIIW.

Tanggapan 2 – Umar Abdalloh

Sy langganan internet 512k First Media pake Wireless G Router merk BELKIN, sdh hampir 1 th, bagus tdk ada keluhan/mslh. Satu rmh beda kamar jg bs akses semua. Fasilitas ada 4 hardwire + s/d …. wireless connection.

Tanggapan 3 – Dirman Artib

Wah asyiik juga nih diskusi wireless broadband.

Saya baru langganan wireless broadband dari Maxis bbrp bulan, speed nya tak konsisten, kadang hanya sekitar 3-4 kbps dan kadang stop, tapi saat jam-jam tertentu bisa 450-600 kbps. Volume di dalam brosur adalah 1 Gbps. Kesal juga jika sedang perlu-perlunya dan jalan nya sangat-sangat lambat dan kadang2 putus sendiri, dan harus pindah ke internet cafe.

Pernah sekali bawa masalah ini ke Customer Service, lalu diganti sim card, dan…pertama kali dicoba sim card baru wusss……kuencaaang sampai 750-800 kbps (di baca pada statistics), tapi setelah 1 minggu jadi slow lagi. Saya tanyakan lagi ke CS-nya, dia jawab, ‘mungkin ada peningkatan pemakai di area anda’. Lalu dia juga bilang bahwa posisi ketinggian rumah saya juga ada potensi masalah, saya sekarang tinggal di condominium lantai 13. Pernah saya coba bawa ke lantai dasar, memang kecepatan sangat-sangat significant.

Mungkin ada rekan-rekan IT yg boleh share pengetahuan di sini, maklum saya buta teknis IT, hanya user dan bayar.

Tanggapan 4 – Kiagus Ismail Hamzah Mahbor

Saya pernah pengalaman yg sama dengan pak dirman tentang maxis, malah saya pernah diganti modemnya tapi problem nya terus berulang, tp karena sdh kontrak setahun jadi saya habiskan dulu selama setahun….Alhamdulillah..sekarang sudah gak make maxis lagi.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia mengenai pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: