Mungkin saya ingin sharing sedikit tentang perkembangan external corrosion problem yang dialami oleh pipeline selama ini. Coating (pelapisan) adalah bagian dari suatu process untuk menekan perkembangan laju process external korosi. Cathodic protection juga adalah salah satu bagian penjegahan terjadinya process external. Pengalaman saya 28 tahun dalam dunia korosi diperminyak, banyak memberikan nilai positif tentang process korosi yang terjadi baik itu secara internal maupun external. Khususnya pada korosi external, sebenarnya korosi external dapat dicegah dan di stop secara 100%. Artinya kita harus menyestop agar tidak terjadi process korosi pada dinding luar pipa secara 100%.

Pembahasan Oleh : tanos frank

Hello rekan2 KMI yang budiman…

Mungkin saya ingin sharing sedikit tentang perkembangan external corrosion problem yang dialami oleh pipeline selama ini. Coating (pelapisan) adalah bagian dari suatu process untuk menekan perkembangan laju process external korosi. Cathodic protection juga adalah salah satu bagian penjegahan terjadinya process external. Pengalaman saya 28 tahun dalam dunia korosi diperminyak, banyak memberikan nilai positif tentang process korosi yang terjadi baik itu secara internal maupun external.

Khususnya pada korosi external, sebenarnya korosi external dapat dicegah dan di stop secara 100%. Artinya kita harus menyestop agar tidak terjadi process korosi pada dinding luar pipa secara 100%.

Coating, Wraping dan CP system sebenarnya kalau boleh bicara jujur, bahwa teknologi ini sudah usang (konservatip) dan tidak memberikan dampak positip dalam menekan atau mencegah laju process korosi.

Untuk mencegah agar tidak terjadi process korosi pada external pipa, oxygen yang ada disekitar pipa harus distop. Anoda dan katoda yang menyatu mengakibatkan terjadi process korosi karena adanya elektrolit (pengantar dalam hal ini tanah atau air). Yang lain penyebab korosi adalah faktor oxygen. Karena itu oxygen harus distop 100%.

Tanggapan 1 – hadi muttaqien

Pak Frank,

Menarik perhatian saya pernyataan bapak bahwa korosi eksternal bisa di stop 100%, karena selama ini yang saya tahu catodic protection, wrapping, Coating hanya mengurangi proses korosi, bagus juga kalau pak Frank bisa memberikan pencerahan metode baru yang bisa menghentikan proses korosi, dan mohon koreksi bila pendapat saya ini salah.

Tanggapan 2 – tanosfrank

Sahabat saya Hadi S,

Terima kasih pertanyaannya. Memang hal ini baru kami informsikan melalui milis KMI, memang selama ini ada banyak kendala yang dihadapi oleh CP system, Wraping maupun Coating. Kondisi tanah (elektrolit) berdampak buruk terhadap semua external pipeline. Karena itu protection oxygen attack pada external pipeline sangatlah penting. Untuk detailnya, anda dapat menghubungi saya melalui moderator milis KMI.

Tanggapan 3 – siswoutomo79

Pak Frank,

Kl menelusuri dari asal usul penyebab korosi memang salah satunya adalah oksigen, tp bagaimana uk mengilangkan O2 sepanjang pipeline yang jaraknya ratusan kilometer. Kl memang bisa itu menghemat $.

Tanggapan 4 – Ichsan H Utomo

Dear Pak Frank,

Informasi bapak mengenai coating sudah usang sepertinya menarik sekali. Jadi menurut bapak bagaimana cara memisahkan electrolite ini dengan substrate-nya pak? Karena sepengetahuan saya tujuan coating memang memisahkan hubungan antara substrate dengan electrolite.

Tanggapn 5 – tanosfrank

Sahabat saya Ichsan HU,

Terima kasih peretanyaan saudara ini. memang betul wraping maupun coating yang di set diatas 100 micron.. masih memiliki kelemahan selama ini. Hampir semua material yang ditawarkan untuk mencegah agar tidak terjadi kontak antara Anode dan Cathodic… kebanyakan semuanya tembus oxygen. Tanah (elektrolit) sifatnya hanya sebagai pengantar Anode menyerang Cathodic.. Sifat Anode itu menyerang ke Cathodic… karena itu diperlukan yang namanya Cathodic Protection System… artinya Cathodicnya harus diprotect dari Anode. Demikan sahabatku Ichsan HU. Untuk detailnya, anda dapat menghubung saya via Moderator milis ini.

Tanggapan 6 – Ichsan H Utomo

Setuju sekali Pak Frank, tapi dari email Bapak sebelumnya CP system juga sudah usang. Hanya ingin tahu, who knows if there is a new methode to protect structure from corrosion. Thanks Pak Frank.

Tanggapan 7 – mahir irfan irfan

Dear Pak Frank,

Whatever coating merupakan cosmetic, ini yg sulit gantikan.

Tanggapan 8 – Alvin Alfiyansyah

Pak Frank,

Sebaiknya jika memang hal yang anda sarankan tidak berkaitan dengan brand dan copyright tertentu agar disampaikan lewat mailist.
Sebagai anggota tim safe operations dan engineering, saya mohon pencerahan dari anda.

Terimakasih.

Tanggapan 9 – amannatur

Sangat Menarik Pak Frank….

Selama ini fungsi CP adalah untuk mengurangi proses korosi (sama seperti Pak Hadi bilang) bukan untuk menyetop korosi 100%.

Mohon di-share tentang ‘Protection Oxygen Attack’ pada Pipeline.

Terimakasih,

Tanggapan 10 – Wahyudi Suryowinoto

Halo Pak Frank, apa kabar?

Sangat menarik sekali informasi Anda tentang pencegahan korosi sampai 100%.
Yang saya tahu selama ini external corrosion problem yang dialami oleh pipeline adalah dengan coating, CP, dan Wrapping. Mohon pencerahannya Pak Frank, untuk menyetop korosi dengan tehnik yang Pak Frank lakukan, yaitu dengan menyetop oxigen 100%.

Terima kasih sebelumnya, pencerahannya akan sangat bermanfaat.

Tanggapan 11 – ifan rifandi

Pak Frank,

Betul bahwa oxygen merupakan salah satu corrodent yg menyebabkan korosi.

Korosi oleh oxygen terjadi karena ada perbedaan konsentrasi oxygen (sel perbedaan konsentrasi). Bila tidak ada perbedaan konsentrasi oksigen, menurut teori tidak akan terjadi korosi, tapi pada prakteknya hal tsb sangat tidak mungkin karena oksigen ada dimana mana. Untuk meremove oksigen tentu harus dibuat kondisi vacum, tapi mungkin dibutuhkan cost yg tinggi spt membuat cassing untuk pipeline yg diantara pipeline & cassing nya di inject cairan non korosif misalnya.
Tetapi saya kira coating yg non permeable juga bisa memutus kontak oksigen dengan permukaan besi.

Untuk kasus internal corrosion, meremove oksigen menggunakan oxygen scavenger dari senyawa sulfit harus dibarengi dengan menginject biocide, karena sulfat yg dihasilkannya akan menjadi nutrisi bagi bacteri anaerob seperti SRB. sehingga bisa2 oxygen corrosion nya hilang, tetapi MIC datang.

Maaf just sharing.

Tanggapan 12 – tanosfrank

Sahabat saya Irfan R dan Wahyudi S,

Memang korosi sendiri adalah proses phenomena alam. Banyak masalah menghadapi dunia korosi. Tetapi melakukan pencegahan korosi secara terus-menerus memberikan efek positip dan memberikan keuntungan pada management perusahaan sangatlah besar sekali. Karena itu melakukan pengontrolan korosi pada semua bidang sangatlah penting.

Kepada Sdr. Irfan… pada korosi internal di pipeline… menghilangkan oxygen memang dapat mencegah timbulnya process korosi.. tetapi efek sampingnya bakterial akan hidup ( complicated memang). 1). Intenal korosi sebaiknya dimonitor pada kecepatan ratenya berkembang. 2).
Melakukan penginjection inhibitor yang fungsinya menekan agar tidak berkembang cepat corrosion ratenya. 3). lakukan on spot visual inspection baik external maupun internal.

Kapada Sdr. Wahyudi… corrosion external pipeline dapat di stop 100% tanpa perlu memakai CP system, Wraping maupun Coating. Untuk menyetop penyerangan corrosion external tidak perlu harus memakai vacum system… untuk lebih detail… dapat menghubungi saya melalui moderator KMI ini….