Merk vibration analyzer cukup banyak, antara lain SKF, B&K, Bently Nevada, Metrix, CSI, Entek, dll. Untuk mengetahui detailnya bisa dilihat dari website masing-masing produsen tersebut. Tapi ada yang perlu dipertimbangkan jika ingin mengganti merk (tentunya berlaku untuk semua merk) yaitu masalah trending data vibrasinya. Data format antara satu merk dengan merk yang lainnya biasanya tidak sama sehingga kalau mengganti merk maka trending vibrasi merk lama akan tidak nyambung dengan trending vibrasi merk baru. Agar bisa nyambung, data lama perlu di transfer/ di export dari format merk lama ke format merk baru (tentunya perlu waktu dan ada biayanya). Sedangkan trending data vibrasi ini, kalau alat ini digunakan untuk monitoring di pabrik/kilang, merupakan hal yang sangat penting sebagai basis untuk analisa vibrasi (biasanya trending tidak cuma trending overall data, tapi juga trending plot format data dynamicnya). Kalau alat digunakan di laboratorium mungkin masalah trending bisa diabaikan, atau kalau masalah trending ini hanya dilakukan sekali-sekali (insidental) dan perlunya trending overall saja, maka trending dapat dibuat sendiri menggunakan excel (setahu saya hampir semua merk vibration analyzer sudah mempunyai feature untuk export ke format excel).

Tanya – Denny Wirawan

Salam rekan-rekan,

Mohon bantuannya dari rekan-rekan mengenai harga & agen penjualan di Indonesia untuk CSI 2130 Machinery Health Analyzer & AMS Suite: Machinery Health Manager Software. Rencananya perusahaan tempat saya bekerja berencana untuk membeli CSI 2130 berikut softwarenya untuk menggantikan IRD mechanalysis 838 yang telah lanjut usia.

Tanggapan 1 – irfan arfani

Dear Pak Denny,

Mungkin bapak bisa manghubungi PT. Tiara Vibrasindo

Tanggapan 2 – Rilly Hutabarat

Bisa juga ke control system pak, mereka berdua sama2 agen resmi CSI, klo ada pembanding kan ntar bisa dapat harga yang bagus, Tiara untuk luar jawa, control system untuk daerah jawa klo ga salah. Ngakalinnya ya tinggal beli via kantor jakarta aja.

Tanggapan 3 – Andi Mulyono

Pak Denny,

Sekedar sharing info, baik Tiara maupun Control System keduanya merupakan agen Emerson untuk penjualan produk CSI. Setahu saya, mereka masing2 punya area penjualan sendiri dan pembagiannya bukan berdasarkan luar jawa atau pulau jawa. Dulu lokasi saya (di pulau Jawa) di bawah area Control System.

Untuk yang di Singapore (vibsnd@singnet.com.sg) sudah tidak ada hubungan dengan CSI. Terakhir, setahu saya mereka agen dari DLI.

Kemanapun Bapak memesan baik ke Tiara maupun ke Control System, bahkan mau pesan ke USA sekalipun, Emerson pasti akan menyerahkan langsung ke yang punya area. Kemungkinan bisa diadunya kecil karena sekarangpun masing2 baik Tiara maupun Control System pasti sudah memonitor lokasi Bapak.

Mengenai harga, rasanya tidak etis kalo saya sharing. Untuk detailnya spec silahkan cek aja di website Emerson (alamatnya saya lupa, tapi bisa tanya ke mbah google).

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut ini :