Subcommittee pemerintah Pakistan mengakhiri land route melalui provinsi Balochistan untuk pipeline gas Iran-Pakistan.

Subcommittee pemerintah Pakistan mengakhiri land route melalui provinsi Balochistan untuk pipeline gas Iran-Pakistan.

Pertemuan pada tanggal 22 Agustus, komite mengeluarkan usulan alternative untuk jalur laut.

Biaya konstruksi pipeline dari Iran ke Nawabshah City di provinsi Sind diperkirakan 1.2 milyar dolar. Dalam laporan singkat setelah pertemuan, Menteri Petroleum, Shaukat Tarin mengatakan penetapan option untuk India untuk menggabungkan project sewaktu-waktu. India memulai project pipeline tapi kemudian keluar, hanya tinggal Iran dan Pakistan yang terlibat dalam project.

Segera sesudah pipeline yang diusulkan saat ini dibangun, pipeline terpisah akan diperlukan India, kata Tarine. Project saat ini akan dibiayai oleh pemerintah, tapi sector swasta kemungkinan diundang untuk ikut serta, katanya.

Ada sebuah opsi untuk menghasilkan funding melalui stock exchanges dengan listing dari perusahaan, katanya. Berdasarkan option itu, partnership antara pemerintah dan sector swasta akan menjadi 60:40.

Menteri megatakan pipeline yang dibuat secara lokal akan digunakan dalam project, dan sebagian dari pengerjaan akan dilakukan oleh perusahaan lokal. Tapi, dia tidak menentang penyewaan konsultan internasional, jika dibutuhkan.

Sumber: www.ogj.com