Ada yang bisa kasih info kalau suatu platform telah dilakukan inspeksi wall thickness, aktifitas pemeliharaan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah metal loss baik dibawah maupun diatas permukaan air?

Tanya – Syahrizal Mustafa

Dear all,

Ada yang bisa kasih info kalau suatu platform telah dilakukan inspeksi wall thickness, aktifitas pemeliharaan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah metal loss baik dibawah maupun diatas permukaan air?

Mohon pencerahannya, terima kasih.

Tanggapan 1 – Djayaputra Kunarta<

Kalo engga salah bagian yang diatas air harus di Painting sesuai spec. Dan yang dibawah air pake Cathodic Protection (Sacrificial Anode or Impressed Current).
Sorry tahunya Cuma segitu.

Tanggapan 2 – Elwin Rachmat

Saya tidak punya jawaban. Sebaliknya saya punya beberapa pertanyaan.
Dengan terukurnya penipisan yang terjadi, sampai kapan platform tersebut dapat dipakai. Apakah kekuatan angin, arus laut (dan arahnya) serta beban yang diderita platform masih dalam toleransi yang dibolehkan pada saat desain. Apakah gaya yang bekerja pada platform pada saat desain berdasarkan asumsi yang keliru atau kondisi desain dan kondisi operasi berbeda. Apakah data oceano-meteorologinya sudah berubah. Apakah data gempa diwilayah tersebut sudah diperbaharui.
Marine growth (karang) yang terbentuk pada kaki platform apakah tidak mengakibatkan gaya yang diakibatkan oleh arus laut menjadi terlampau besar sehingga perlu dilakukan pembersihan (sebagian atau seluruhnya). Bila pertanyaan diatas sudah terjawab barulah dicari alternatif solusi agar usia pakai platform dapat diperpanjang. Mudah-mudahan tidak membuat jadi lebih gelap karena pertanyaan saya dan karena saya tidak mampu memberikan pencerahan yang diinginkan.

Tanggapan 3 – Priatna, Waluya

Pak Syahrial,

Kalau untuk pemeliharaan structure yang diatasnya bisa memakai pengecatan dan kalau yang dibawah bisa dipasangkan system cathodic protection mungkin ada rekan2 lain yang lebih tahu.

Tanggapan 4 – Sapto H. Wibowo

Pak Rizal, kalau diperkapalan, biasanya untuk underwater area dipainting pake antifouling atau SPC paint selain itu juga dipasang ICCP (Impressed Current Catodic Protection). Kalau didaerah yang tidak langsung berhubungan dengan air cukup di paint pake conventional paint.
Mungkin ada yang menambahkan?

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan yang tergabung dalam Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut: