Cairn India Ltd. memulai produksi minyak di lahan Mangala di Rajasthan bagian dari komplek terbesar lahan Mangala, Bhagyam, dan Aishwariya (MBA).

Penulis : Eric Watkins

Cairn India Ltd. memulai produksi minyak di lahan Mangala di Rajasthan bagian dari komplek terbesar lahan Mangala, Bhagyam, dan Aishwariya (MBA).

Perwakilan terbesar dari 25 penemuan yang dilakukan oleh perusahaan di Barmer basin di Block RJ-ON-90/1, produksi 30,000 b/d pertama Mangala akan meningkat sampai 130,000 b/d pada pertengahan pertama tahun 2010, dengan produksi meningkat pada puncaknya 175,000 b/d pada 2 tahun berikutnya.

Menurut Cairn, lahan MBA memegang hampir 1 milyar bbl oil recoverable, termasuk proven plus probable gross reserves dan resources 685 juta boe dengan 300 juta boe lebih lanjut—atau lebih—dengan mempertinggi recorvery minyak potensial.

Perusahaan mengatakan volume minyak pertama akan diproduksi melalui train processing pertama dengan kapasitas 30,000 b/d. Produksi akan terus meningkat sampai semua empat processing trains, dengan kapasitas total 205,000 b/d, dibangun dan diinstal pada tahun 2011.

Cairn mengatakan perusahaan membangun 670-km heated and insulated oil pipeline dari terminal processing Mangala ke pesisir Gujarat. Tahap pertama ditargetkan selesai pada akhir tahun.

24-in. export line akan panjang dari Barmer di Rajasthan ke lokasi coastal di Gujarat, melalui Viramgam. Line akan memiliki 8-in. gas line yang sedang berjalan yang sebagian besar dari panjangnya, dimulai dari lahan gas Raageshwari di blok Rajasthan.

Cairn megatakan minimum 32 intermediate power feeding dan heating stations akan dibangun sepanjang panjang pipeline minyak, yang bertujuan membantu untuk maintain temperature yang dibutuhkan dalam pipeline.

Sampai pipeline selesai, minyak akan ditransport dengan heated truck dari MPT ke Gujarat coast.

Cairn India beroperasi dan memiliki 70% saham di blok RJ-ON-90/1 di Rajasthan, sementara Oil & Natural Gas Corp. India memegang 30%.

Sumber: www.ogj.com