Select Page

Mau numpang tanya untuk Seat Leak Test pada control valve mengacu pada standar ANSI/FCI 70-2-1976 atau API STD 598 karena pihak factory kami mengacu pada yang ANSI sedangkan customer mengacu pada API. Mohon pencerahannya ya teman-teman semua.

Tanya – Ronald Siswanto

Dear Pakar Instrument,

Mau numpang tanya untuk Seat Leak Test pada control valve mengacu pada standar ANSI/FCI 70-2-1976 atau API STD 598 karena pihak factory kami mengacu pada yang ANSI sedangkan customer mengacu pada API. Mohon pencerahannya ya teman-teman semua.

Tanggapan 1 – Waluya Priatna Dachlan

Nibrong,

Seat valve mengacu pada standart API 598.

Tanggapan 2 – lukman hakim

Dear Pak Ronald Siswanto,

API 598 setau saya hanya untuk Valve type Gate, Globe, Ball, Butterfly, Check, Plug, tapi API 598 may also be applied to other types of valves by agremeent between the purchaser and the valve manufacture.

Tanggapan 3 – Triez

Maaf bukan pakar sebelumnya..hanya sekedar sharing..

Sebatas pengetahuan yg saya tahu,klo pengalaman saya kemarin2 untuk leakage test valve saat itu MOV kebetulan, pake API 598 tapi klo control valve pake ANSI/FCI 70-2-1976.
Ni kasusnya ujung2nya jangan2 beda juga standard fire test,nya..hehe..
Hanya sekedar sharing..
Mohon dikoreksi klo salah.

Tanggapan 4 – Ronald Siswanto

Pak Tries,

Saya sudah menjelaskan bahwa untuk Seat Leakage Test pada Control Valve harus mengacu pada ANSI/FCI 70-2-1976 tetapi usernya tetap ngotot bahwa Control Valve tidak boleh bocor. Kan repot pak beli Control Valve tetapi minta tight shut off (zero leak) seperti On/Off Valve. Mungkin ada yang bisa bantu untuk detailnya.

Tanggapan 5 – Triez

Iya,pak,ni casenya emang agak lain..

Just share aja,pak..saat itu kebetulan pas itu saya masih di owner,saya mempermasalahkan itu awalnya dari seat metal to metal trus no leakage..dia adu sama soft seat no leakage..bukan sama control valve sech,pak..memang dl kita ada kesalahan ketik untuk leakage test kita di API 607 bukan API 598,seharusnya saat itu memang API 598.klo untuk control valvenya kita clear ANSI/FCI 70-2-1976.
Coba bapak yakinkan si owner dengan project2 bapak sebelumnya..ato betul seperti yg dibilang pak suyanto kembalikan aja ke datasheet.Kecuali memang ada addendum yang bisa mematahkan data sheet sesuai kesepakatan dengan owner saat fase engineering.

Tanggapan 6 – Suryanto

Dear Pak Ronald,

Apakah pada Data Sheet dan Spec Control Valve dari client dan juga PO tidak mencantumkan requirement Seat Leakage Test ?

Biasanya dicantumkan apakah Class IV atau bukan.
Jadi bukan maunya client atau maunya supplier.
Tapi kesepakatan di PO / Approved vendor data sheet yang harus diikuti…

Share This