Pada dasarnya jika kedua tangki terhubung dengan pemipaan yang sama, sebaiknya memang tinggi tangki dibuat sama untuk menghindari adanya back-flow sebagai akibat adanya perbedaan tinggi gravitasi. Penggunaan check valve bisa saja dilakukan, namun operator harus memperhatikan level fluida dengan seksama untuk menghindari back-flow tersebut.

tanya – T. Rizal H.

Dear Bapak Ibu sekalian,

Saya hendak bertanya mengenai vertical aboveground storage tank.

1. Ada 2 buah tanki berbeda ukuran diameternya (misal 22 m dan 25 m) untuk pengisian oil ke mobil tanki, apakah kedua tinggi tangki tersebut harus sama? Atau bisa berbeda tinggi dengan cara menambahkan check valve atau semacamnya?

2. Kapankah meletakan inlet nozzle storage tank di bagian bawah, dan kapan diletakan diatas? (saya lihat inlet nozzle tersebut masuk ke tanki dari atas, kemudian disambung elbow+pipa menuju ke bawah tanki).

Terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – A. Reza Fadillah

Dear Pak Rizal,

Saya mencoba sharing pengalaman sewaktu instalasi lubricant storage tank dan mungkin bisa ditambahkan oleh rekan-rekan lain:

1. Pada dasarnya jika kedua tangki terhubung dengan pemipaan yang sama, sebaiknya memang tinggi tangki dibuat sama untuk menghindari adanya back-flow sebagai akibat adanya perbedaan tinggi gravitasi. Penggunaan check valve bisa saja dilakukan, namun operator harus memperhatikan level fluida dengan seksama untuk menghindari back-flow tersebut.

2. Saya cenderung memilih penempatan inlet di bagian atas tangki & outlet di bagian bawah tangki untuk memudahkan pengisian & pengeluaran. Inlet di bagian atas tidak menyisakan tekanan di pipa selain sisa fluidanya sendiri (asumsi tidak ada tekanan tambahan dalam tangki) sehingga oil spill saat hose dilepas bisa diminimalkan. Inlet di bagian bawah biasanya memberi beban tambahan pompa sebagai akibat tinggi gravitasi fluida.

Semoga membantu Pak,

Tanggapan 2 – Akh. Munawir

Sedikit menambahkan,

Untuk outlet nozzle yang dibawah, level/elevasi outlet nozzle perlu mempertimbangkan kemungkinan adanya sediment yg ngumpul di base plate agar tidak ikut terkirim melalui outlet nozzle.

Tanggapan 3 – A. Reza Fadillah

Dear Pak Munawir,

Benar sekali Pak, outlet memang harus dibuat lebih tinggi dibanding drain untuk menghindari sedimen terbawa ke outlet. Terima kasih banyak untuk tambahannya.

Dan sedikit menambahkan juga, biasanya tangki sedikit dimiringkan ke arah outlet untuk memudahkan pengeluaran.