Persamaan antara pipa SS dan duplex adalah kedua-duanya merupakan material Stainless Steel yang memiliki ketahanan korosi. Namun yang membedakan antara keduanya adalah : Susunan struktur mikronya. Kalau Duplex memiliki struktur mikro Austenitic Ferritic sedangkan SS grade seperti 304 atau 316L hanya Austenitic. Duplex memiliki ketahanan korosi lebih superior daripada SS, juga hot cracking resistance yang lebih baik karena unsur ferritic pada duplex.
Saya juga attach comparison chart chemical dari SS 316L dan duplex.

Tanya – eko prasatiyo

Dear rekan-rekan,

Mohon pencerahannya untuk persamaan dan perbedaan antara pipa duplex dengan pipa stainless steel baik dari sisi kandungannya maupun kekerasannya.

Tanggapan 1 – Jimmy Octavianus

Pak Eko,

Persamaan antara pipa SS dan duplex adalah kedua-duanya merupakan material Stainless Steel yang memiliki ketahanan korosi.
Namun yang membedakan antara keduanya adalah : Susunan struktur mikronya. Kalau Duplex memiliki struktur mikro Austenitic Ferritic sedangkan SS grade seperti 304 atau 316L hanya Austenitic.
Duplex memiliki ketahanan korosi lebih superior daripada SS, juga hot cracking resistance yang lebih baik karena unsur ferritic pada duplex.
Saya juga attach comparison chart chemical dari SS 316L dan duplex.

* Pak Budhi, mohon kiranya attachment bisa dilampirkan agar bisa berguna sbg informasi untuk rekan2 milis.

Tanggapan 2 – tanos frank

Duplex Stainless steel = SS AISI 318…. material AISI 318 (duplex) selain tahan korosi, khusus dipakai pada under zero condition seperti Propane atau Pentane flowing… tapi tidak heat resistance. Heat reaistance pergunakan SS 17PH….

Tanggapan 3 – Jimmy Octavianus

Pak Frank,

Terima kasih untuk sharingnya.
Namun Pak Frank, sepengetahuan saya Duplex berbeda dengan SS 318.
Struktur mikro SS 318 adalah austenite yg hanya memiliki unsur ferrite 3-12%.
Sedangkan mikrostruktur duplex adalah Austenite ferritic di mana unsur ferrite adalah 25-50%.
Kandungan Cr pada SS Duplex tipikal adalah 22%Cr sedangkan SS 318 kandungan Cr tipikal di bawah 22% (bila merujuk pada kawat las 318, tipikal kandungan Cr adalah 19.5%).
Terima kasih, mungkin ada rekan2 yang dapat menambahkan.

Tanggapan 4 – Dafi

Betul pak jimmy,

Mungkin maksud pak frank ini S31803, lah ini baru duplex nama lainnya LC2205.
Mohon koreksi kalo ada salahnya.

Tanggapan 5 – henry leonard saragih

Dear Pak Eko,

Hanya sharing untuk hal duplex dan stainless steel,

Duplex juga termasuk dalam kategori stainless steel. Tetapi dalam categori High Quality Stainless steel.Stainless steel itu ada berbagai categori yaitu : Common stainless, Heat resistant stainless steel,Austentitic steel dst.Kalau untuk Duplex, kandungan kimia yang dapat kami share adalah sbb :

Carbon 0.03 max;Mangan 2.0; Silikon 1.0 ;Chromium 21-23; Nickel 4.5-6.5. Tensile stength 620; hardness 31.Dengan data-data yang saya sebutkan disini, Pak Eko dapat membandingkan dengan data Pipa Stainless steel yang ada pd Pak Eko.

Mudah-mudahan sharenya berguna.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia dalam pembahasan bulan Agustus 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: