Saya mau bertanya tentang software design Storage Tank (termasuk floating roof). Dengan code n standard API 650 dan API 2000 (untuk vent design) software apa saja yang bisa digunakan untuk mendesign storage tank (termasuk floating roof)? Setahu saya COADE TANK dgn versi V2.5, saya tidak tahu versi berapakah yang terbaru. Apakah benar untuk design storage tank tidak hanya menggunakan satu software mengingat main tank dan vent menggunakan code n standard yang beda?

Tanya – Bambang Supriyadi

Yth. Rekan Professional dan para senior engineer di milist migas,

hormat saya mau bertanya tentang software design Storage Tank (termasuk floating roof).
Dengan code n standard API 650 dan API 2000 (untuk vent design) software apa saja yang bisa digunakan untuk mendesign storage tank (termasuk floating roof)?

saya COADE TANK dgn versi V2.5, saya tidak tahu versi berapakah yang terbaru.

Apakah benar untuk design storage tank tidak hanya menggunakan satu software mengingat main tank dan vent menggunakan code n standard yang beda?

Mohon bantuan dan atas informasinya saya ucapkan banyak terima kasih.

Tanggapan 1 – Sulistiyono sulistiyono@bwpmeruap

Please contact FKA alamat contact personnya ofy@fkaglobal.com, barangkali bisa membantu.

Tanggapan 2 – wiro sakti

Pak Bambang,

Kalo menurut saya TANK 2.5 hanya menganut code API650..

Saya biasa menggunakan excel spreadsheet untuk mendesign sebuah stoage tank karena lebih fleksibel code yang dipakai..

Selain itu kalo bapak berminat mau mendesign standar pressure vessel (ASME VIII) saya juga ada excel spreadsheetnya dan simpel pemakaiannya. Tidak memakai PV Elite (karena mahal dan ribet)..

Via japri saja ya pak…

Tanggapan 3 – Anto@e-steamboilers

Salam kenal P’Wiro,

Klo boleh disharing excel spreadsheetnya seperti apa, menurut sy untuk atm tank based API 650 w/o ex/internal load sy rasa relative mudah untuk dihitung manual (jika hanya thk nya saja loh), karna standard tsb sudah menentukan requirement bagian2nya (e.g : shell course, bottom , Roof, Ladder, Nozzle, Manhole, Shell Attachment, Tank Appurtenances, etc).
Tetapi ceritanya bakal lain klo tanki tersebut musti diitung dengan adanya ex/internal load, mis : wind & seismic, floating roof (if any) karna berhubungan juga dengan structurenya dimana diperlukan sizing anchor dan additional girder.
Alih-alih mo lebih murah malah yg ada bikin mumet (hemm…..jd inget pengalaman pribadi neh).
Mungkin karna itu penggunaan software jadi consideran untuk efisiensi waktu dan keakuratan data/hasilnya (CMIIW).