Pada dasarnya term and conditions contract applicable untuk pembelian semua jenis materias. Demikian juga halnya untuk pembelian chemical materials. Sebelum melakukan importation checmical materials ke suatu negara biasanya kita harus mendapatkan approval dulu sebelum materials tsb di despacth dari country of origin. Hal ini tentu berkaitan dengan safety and environment aspects. Berbicara mengenai safety aspect dalam term and condition of contract tentu ada beberapa point yang harus ditekankan oleh si pembeli (company/ buyer) terhadap (kontraktor/supplier).

Tanya – Didan Guru

Tanya – Dear Milister Migas,

Mohon bantuannya dan pencerahannya dalam hal :

Persyaratan/poin-poin apakah yang harus ada dalam term and condition kontrak pada saat kita membeli/kontrak dengan chemical supplier? (ex: MSDS, packaging of chemical, transporter requirement, etc).

Mohon dinilai dari safety aspectnya. Mohon sharing ilmunya. Terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya.

Tanggapan 1 – Samidi

Dear DNY dan rekan2,

Pada dasarnya term and conditions contract applicable untuk pembelian semua jenis materias. Demikian juga halnya untuk pembelian chemical materials. Sebelum melakukan importation checmical materials ke suatu negara biasanya kita harus mendapatkan approval dulu sebelum materials tsb di despacth dari country of origin. Hal ini tentu berkaitan dengan safety and environment aspects. Berbicara mengenai safety aspect dalam term and condition of contract tentu ada beberapa point yang harus ditekankan oleh si pembeli (company/ buyer) terhadap (kontraktor/supplier). Diantaranya :

Kontraktor (supplier) harus benar2 memperhatikan aspect safety kepada manusia dan lingkungan ketika materials in transit or at site hal ini untuk menghindari kerusakan pada property dan juga hilangnya jiwa manusia karena chemical materials tsb. Supplier juga harus menggunakan protective clothing dan equipment pada saat bekerja.
Ketika melakukan aktifitas at site yang berhubungan dengan bahan kimia seperti : catalyst misalnya, maka diwajibkan untuk memperhatikan prosedur yang berlaku di dalam perusahaan.
Aspect environment dan safety sangat ditekankan pada packing dan penyimpanan materials dengan memperhatikan temperature sekitar dan apa yang tertera dalam MSDS. Jangan sampai materials spoiled pada saat in transit karena kepanasan atau bocor karena benturan pada saat pesawat landing di airport.
Mudah-mudahan membantu.

Tanggapan 2 – Sketska Naratama

Btw,

Pengalaman kami supply oli dalam drum, susah nya setengah mati. Padahal semua doc lengkap berdasarkan list dari bea cukai.

PS Tanya mengapa?

Tanggapan 3 – Samidi

Pak Naratama,

Saya kurang paham secara detail kesusahan anda di phase yang mana ketika melakukan importation oil dalam drum. Apakah saat clearence di port atau pada saat mendapatkan approval dari kementrian Lingkugan Hidup. Sebab hal ini berkaitan dengan environment. Beberapa minggu yang lalu ada wawancara Aljazera dengan Mentri Lingkungan Hidup mengenai import chemical materials Raksa yang dipergunakan pengolahan emas. Pada intinya apa yang saya tangkap: semua import bahan chemical memang harus terdokumentasi di Men KLH.