Elastic deformation: Deformasi material tapi masih bisa kembali bentuk semula, struktur mikro masih bisa kembali ke bentuk semula. Plastic deformation: Struktur mikro sudah tidak bisa kembali ke bentuk asal sehingga materialnya sendiri tidak bisa kembali ke bentuknya semula.

Tanya – Sigiet Wiwiet Saputro

Dear All,

Untuk kepentingan investigasi accident, kami sedang menganalisa kekuatan sebuah material.
Saya perlu informasi lebih jauh tentang istilah plastic deformation dan elastic deformation pada sebuah material. Ada yang bisa bantu?

Setahu saya sebuah material akan tahan terhadap energi tarik atau tekan jika energi tersebut tidak melebihi energi karakteristik material tsb.

Terima kasih atas bantuan rekan-rekan.

Tanggapan 1 – fahrul hamzah

Dear Pak Sigit

Seperti diperlihatkan dalam grafik tegangan-regangan terdapat yang namanya batas luluh (yield strength) nah untuk deformasi elastis itu berada di bawah batas luluh sedangkan untuk deformasi plastis berada/melewati batas luluh suatu material, di mana untuk setiap material mempunyai karakteristik yang berbeda2, misalnya pipa jenis API 5L X 52 di mana yield strengthnya (SMYS) adalah 52000 psi yang artinya karakter elastis pada material tersebut adalah < 52000 psi sedangkan plastisnya > 52000 psi.

Mungkin terdapat penjelasan dari reka yang lain.

Tanggapan 2 – Nis Daniel

Pak Sigit

Elastic deformation:

Deformasi material tapi masih bisa kembali bentuk semula, struktur mikro masih bisa kembali ke bentuk semula.

Plastic deformation:

Struktur mikro sudah tidak bisa kembali ke bentuk asal sehingga materialnya sendiri tidak bisa kembali ke bentuknya semula.

Teman teman metalurgist saya yakin dapat menjelaskannya jauh lebih rinci.

Tanggapan 3 – wiryadinataw@technip

Sedikit Saya menambahkan ya pak..

Benar kata pak Nis, bahwa elestic deformation itu akan kembali bentuk semula.
Mengenai tentang struktur mikro, menurut saya pada saat di deformasi elastis tidak ada perubahan perubahan mikro begitu juga ketika deformasi elastis itu hilang. Secara sederhana deformasi elastis itu dapat kita gambarkan dengan dua buah atom Fe yang diikat dengan sebuah pegas. Ketika kita deformasi elastis maka pegas akan berusaha melawan Fe yang kita tarik.
Untuk deformasi plastis saya sangat setuju dengan Pak Nis, Dimana struktur mikro sudah berubah. Sebagai inisiasinya adalah sudah putusnya ikatan antara Fe, kemudian adanya pembentukan ukuran butir yang baru (biasanya ukuran butir menjadi lebih kecil dan gepeng karena deformasi plastis akibat tekanan). Pembentukan butir butir baru terbutlah yang menyebabkan terjadinya perubahan struktur mikro.

Tanggapan 4 – ROSES-Man

Ada baiknya Pak sigit menerangkan sedikit tentang material yang sedang diinvestigasi, biar rekan2 di sini bisa memberikan gambaran yang lebih jelas. karena angka2nya pasti berbeda, dan tentu saja mempengaruhi karakteristiknya.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia mengenai pembahasan bulan Agustus 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: