Berapa minimum pipe spool down stream orifice flange jika digunakan untuk pengukuran flow, hendaknya mengacu ke standard misalnya API 14.3 (hanya untuk gas) atau ISO 5167-2 yang bisa dipakai baik gas ataupun liquid namun lebih konservatif.

Tanya – mochamad rodjie

Teman2…piping engineer

Mau tanya berapa minimum pipe spool down stream orife flange?

Tanggapan 1 – Weby

Pak Rodjie,

Ini yang ditanyakan maksudnya straight pipe length dari orifice flange? Besar minimumnya tergantung pada beta ratio dan konfigurasi pipa pak, bisa cek ke API MPMS 14.3 atau AGA#3 (untuk gas). Biasanya supaya ga pusing2, orang ambil 10D saja.

Tanggapan 2 – Wisnu Purwanto

Jika digunakan untuk pengukuran flow, hendaknya mengacu ke standard misalnya API 14.3 (hanya untuk gas) atau ISO 5167-2 yang bisa dipakai baik gas ataupun liquid namun lebih konservatif.

Yang ditanyakan oleh pak Rodjie adalah panjang downstream ; yg dalam hal ini tidak terlalu kritikal – 10 D untuk downstream adalah berlebihan. ISO mensyaratkan 5D sedangkan API lebih pendek lagi.

Yang sangat penting adalah upstream straight lenghtnya; jika ini yang ditanyakan maka 10 D TIDAK memadai untuk sebagian besar aplikasi. Banyak persyaratan lain yg harus diikuti selain panjang upstream/downstream.

Sekali lagi, jika untuk pengukuran flow – hendaknya mengikuti standard.

Note: terdapat perubahan yang sangat signifikan pada API 14.3 edisi 2000 – lebih konservatif. Misalnya – universal length (panjang ngga mau pusing) menurut versi lama adalah 44D sedangkan menurut versi 2000 adalah 145D.

Tanggapan 3 – Weby

Pak Wisnu,

Yang saya maksudkan 10D untuk downstream bukan upstream. Upstream butuh lebih panjang dan ini memang lebih penting dibuat panjang daripada downstream. Saya mengerti bahwa 10D memang berlebihan, kadang orang juga ambil 5D. Kalau untuk process plant, mau 5D atau 10D juga ga pengaruh pak, lha wong pipa itu gampang didapat kalau lagi project.
Thanks.

Tanggapan 4 – mochamad rodjie

Thanks atas masukan dr teman2,soalnya spoll yang saya check kurang dari 5D
pada gambar design eng bgtu,actual 227mm….apakah design terebut sudah minim bgtu.