Mungkin ada yang bisa share atau kasi saran bagaimana seorang yg fresh certified welding inspector dapat memulai menggeluti pekerjaan sebagai welding inspector apabila dia tidak punya pengalaman dibidang itu. mungkin rekan-rekan bisa berbagi pengalaman atau informasi perusahaan (terutama dibatam) yg menerima fresh atau tempat magang untuk mengaplikasikan pengetahuan dan mendapatkan pengalaman sebagai welding inspector.

Tanya – ober ewin

Mungkin ada yang bisa share atau kasih saran bagaimana seorang yang fresh certified welding inspector dapat memulai menggeluti pekerjaan sebagai welding inspector apabila dia tidak punya pengalaman dibidang itu. mungkin rekan-rekan bisa berbagi pengalaman atau informasi perusahaan (terutama dibatam) yg menerima fresh atau tempat magang untuk mengaplikasikan pengetahuan dan mendapatkan pengalaman sebagai welding inspector.

Mohon saran dari rekan-rekan,

Tanggapan 1 – Nis Daniel

Salam kenal pak…

Saya dulu mulai dari sub contractor, dan saya bangga, kenapa? paling tidak saya tahu gimana orang production ‘bermain’ dan saya jadi tahu gimana bermain yang ‘cantik’ dan yang paling penting saya belajar membina hubungan baik dengan mereka, yang terakhir ini critical sekali pak (paling tidak menurut saya) kenapa? Anda tiap hari bakal berinteraksi dengan mereka, me-reject suatu barang sangat mudah, baik visual, atau per code, yang paling susah menurut saya menjamin kelancaran produksi TAPI TIDAK mengorbankan quality, kalau kita 100 persen produksi, quality hancur, kita bakal bermasalah dengan client, jika 100 persen quality, masalah dengan production, bakal dibuang kita, saran saya jika memang bapak ingin belajar tentang welding, welder orang yg tepat, belajar gambar, marker atau fitter orang yang tepat.

Kalau bapak memang mau bapak bisa mulai dari sub-cont.

Tanggapan 2 – ober ewin

Salam Pak Daniel,

Terima kasih atas sarannya, sebagai fresh WI memang harus banyak belajar dari awal karena penguasaan kondisi dilapangan mungkin sangat berbeda dengan teori yg diajarkan. Dan menurut saya mulai dari subcont adalah pilihan yg sangat baik, seperti yg bapak sampaikan bahwa bisa belajar professional attitude sebagai sikap yg harus dimiliki seorang welding inspector.
Akan tetapi, kurangnya informasi merupakan suatu kendala yg sangat besar dan membuat banyak orang menyerah.

Salam Pak Pala,

Mungkin sebagian orang memang bepikiran seperti yg bapak sampaikan.tetapi saya yakin tidak semua berpikiran seperti itu, saya secara pribadi pada saat ini tidak memikirkan uang sebagai motivasi terbesar untuk terjun kebidang inspeksi di Oil & Gas. Akan tetapi lebih termotivasi untuk belajar dan mengaplikasikan pengetahuan kursus NDT dan WI yang saya dapatkan.

Mungkin ada informasi perusahaan yg terima fresh atau tempat magang untuk mengaplikasikan pengetahuan mohon dishare.
Karena bidang ini memang membutuhkan pengalaman.

Tanggapan 3 – Henry Margatama

Dari yang saya lihat selama saya magang di salah satu perusahaan fabrikasi offshore structure. Semua new hire (non experience) yang berlatar belakang material ataupun welding inspector, ilmu yang didapat dari selama mereka training itu hanya sebatas kulitnya saja paling 5-10% saja yang dipakai, selebihnya ilmu itu didapat ketika mereka bekerja (aplikasi) dan menghadapi kasus nyata yang terjadi di lapangan. Sedikit sekali permasalahan yang terjadi di lapangan, solusinya didapat dari perkuliahan/training. Sehingga mereka dituntut untuk mengembangkan kemampuan mereka berdasarkan kondisi lapangan.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: