Saya mau tanya penggunaan Magnesium dan magnesium alloy untuk sacrificial anode, apa sekarang ga boleh di pakai? atau memang ada rules/regulation yang mengatur penggunaan anode jenis ini.

Tanya – Yuyus Uskara

Dear Milister,

Saya mau tanya penggunaan Magnesium dan magnesium alloy untuk sacrificial anode, apa sekarang ga boleh di pakai? atau memang ada rules/regulation yang mengatur penggunaan anode jenis ini.

Terima kasih sebelumnya buat pencerahannya.

Tanggapan 1 – Triez

Dear Pak Yuyus,

Wah klo betul lumayan mengejutkan,pak..ada kira2 3 bulan yang lalu saya approve penggunaan magnesium alloy untuk project saya. Kalau memang info ini betul,mungkin seharusnya ada penjelasan detail. Karena hampir sebagian proyek pipanisasi onshore rata2 banyak yang menggunakan magnesium. Mohon di share klo ada rekan migas yg punya rule nya secara resmi.
Klo rule baru penggunaan jenis ini saya kurang tahu,tapi untuk magnesium sacrifial anode ini biasanya saya biasanya pake NACE RP 0169 ,DNV F101,DNV B401,ISO 15589-2 dan 15589-1, NACE RP 176, NACE 675. Klo onshore biasanya saya refers ke dua dah cukup ke NACE 169 sama ISO 15589-1., tambahan sedikit biasanya dr Peabody books.

Yuyus Uskara yuskara@yahoo.com

hmmm, saya bertanya soalnya ada komen dari ABS yang bilang kalo Magnesium dan Magnesium Alloy Anode not to be used. kebetulan saya pake aluminium alloy.

nah belom sempet respon masalah itu, jadi mau tanya-tanya dulu apa ada regulasi masalah itu.

hatur nuhun Om Triez.

Pandhu Lakshana pandhual@gmail.com

Dear pak Yuyus dan pak Triez,

Sedikit urun rembug.
Mungkin larangan penggunaannya hanya untuk penggunaan pada material tertentu. Yang pasti untuk bulk carrier oil yg panjangnya > 150 m, ABS rules mengatur ttg penggunaan cathodic protection dan secara eksplisit melarang penggunaan anoda jenis magnesium/ magnesium alloy. Lebih spesifik pada Rules for building and classing steel vessels, part 5C chapter 1 Section 1 / 5.9.2.
Di samping itu IACS structural rules untuk bulk carrier ttg sacrificial anodes pada pencegahan korosi juga punya aturan di IACS UR F1 bahwa anoda jenis ini tidak boleh diaplikasikan pada oil cargo tanks dan semua tank yg bersebelahan dg oil cargo tank.

Mohon koreksinya kalo ada yg salah.

Tanggapan selengkapnya dari diskusi Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Agustus 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: