Tujuan bolard pull kan untuk mengetahui kemampuan kapal untuk menarik beban, berapa ton kah tug boat bisa menarik beban. Walau pun kapal tua mestinya tetep dilakukan bolard pull untuk mengetahui kemampuan kapal, biasanya semakin tua umur engine / kapal kemampuan juga akan menurun beberapa persen, kalau tak dilakukan bolard pull bagamana kita bisa mengetahui kemampuan kapal tersebut,, jelas akan berbeda kemampuan kapal baru dengan kapal yang sudah umur 30 tahun.

Tanya – Nasrul Syahruddin

Dear All,

Ada yang mengatakan, Tugboat tua (umur lebih dari 30 tahun) sebaiknya jangan dilakukan bollard pull test karena dapat berakibat deformasi pada konstruksi kapal.

Apakah statement tersebut benar ? Jika benar, deformasi seperti apa yang terjadi ? Lantas bagaimana kita dapat mengetahui kapasitas bollard pull kapal tua tsb, dimana actual bollard pull pada kapal tsb biasanya menjadi parameter yang selalu ditanyakan pertama ?

Jika statement tersebut benar, bagaimana dengan kapal tua namun bollard pull test dilakukan saat kapal tersebut baru saja keluar dari major docking (class certificate renewal) ? Logikanya kan overall structure dan engine sehat kembali, dan seharusnya tidak ada kekhwatiran deformasi/rusak saat dilakukan bollard pull test. Apalagi test dilakukan untuk mengetahui actual bollard pull dari kapal tsb, bukan memaksa kapal untuk mencapai suatu nilai bollard pull tertentu.

Mohon pencerahannya..

Tanggapan 1 – Surahman Adi Purwono

Sebenarnya tujuan bolard pull kan untuk mengetahui kemampuan kapal untuk menarik beban, berapa ton kah tug boat bisa menarik beban.

Walau pun kapal tua mestinya tetep dilakukan bolard pull untuk mengetahui kemampuan kapal, biasanya semakin tua umur engine / kapal kemampuan juga akan menurun beberapa persen, kalo tak dilakukan bolard pull bagamana kita bisa mengetahui kemampuan kapal tersebut,, jelas akan berbeda kemampuan kapal baru dengan kapal yang sudah umur 30 tahun.

Pada masa doking seharusnya owner melakukan hull survey atau structure survey, dari survey tersebut bisa di ketahui keadaan Hull or structure kapal, dan juga di lakukan NDT atau tikness gauging di suspected area atau di over all hull, jadi bisa tahu ketebalan plat dan kemampuan structure masih ok atau tidak, owner bukan bergantung dengan class dalam survey, karena crew biasanya lebih tahu kondisi kapalnya,, kalo kapal structurnya sudah busuk dan banyak korosi ya tak perlu di lakukan bolard pull di jual aja ke haji Sukri jadi besi tua dari pada nanti tenggelam di tengah laut kan lebih bahaya.

Jadi kalao pendapat kapal tua bisa deformasi kalo di lakukan bolard pull menurut saya itu kurang betul, selama kapal di maintenace dengan baik dan di survey dengan teliti, kapal tidak akan deformasi kalo di lakukan bolard pull, apalagi engine sudah tua biasanya power juga sudah menurun, jadi beban terhadap konstruksi sudah berkurang.

Berapa tahun pun umur kapal, bahkan sampai seratus tahun, selama konstruksi masih OK tidak ada korosi di sana sini kemampuan menahan beban akan tetep sama, kecuali sudah fatigue karena selalu over load.

Tanggapan 2 – Nis Daniel

Saya setuju dengan pendapat P. Surahman, pendapat bahwa deformasi akan terjadi akibat bollard pull test ya memang akan ada, tapi kan tidak merusak struktur kapal jika prosedurnya sudah dilakukan dengan benar, berikut ada referensi mengenai bollard pull test:

1. Bureau Veritas. Guidance Note N.I.202 DNC R00 E 1985 Rules for Ships, January 2000.

2. Det Norske Veritas. Part 5, Chapter 7, Section 2, Appendix A, Bollard Pull Testing Procedure Recommendations for the Performance of Bollard Pull Tests.

3. ABS, ada di section 4.3.3, maaf saya belum ketemu guidelinenya, baru perhitungannya, mungkin rekans ABS boleh bantu?…

Satu hal lagi pak, jangan dilupakan faktor safetynya.

Tanggapan 3 – Vicky T. Perwira vicky.perwira@bakrieconstruction

Dear Pak Daniel,

Tertarik dengan bahasan nya, bagaimana dengan Bollard yang ada di darat, apakah ada Code terpisah yang mengatur “Bollard Pull Test” tersebut ? dimana kah bisa kita dapatkan mengenai Land Bollard Rules ? baik itu Steel atau Concrete Bollard.

Terima kasih sebelumnya.