Metode pemeriksaan CUI bisa dilakukan online tanpa perlu membuka isolasi. Dua teknik yang umum digunakan adalah Pulsed Laser Eddy Current dan Ultrasonic Guided Wave.

Tanya – Antoni Ginting@kpi

Dear pakar,

Adakah ada metoda inspection korosi under insulation. Khusunya pipa secara online?

Tanggapan 1 – farabirazy albiruni

Dear Pak Anthony,

Subject ini pernah dibahas sebelumnya, bapak bisa merujuk ke arsip milis..

Metode pemeriksaan CUI bisa dilakukan online tanpa perlu membuka isolasi. Dua teknik yang umum digunakan adalah Pulsed Laser Eddy Current dan Ultrasonic Guided Wave.

Tanggapan 2 – Ramzy SA@radiant-utama

Mas, ada alat yang disebut LIXIPROFILER, alat ini bukan hanya untuk mendeteksi corrosion under insulation, tetapi internal corrosion temasuk pipe blockage. Informasi selanjutnya bisa anda hubungi sdr Agus Salim di agus.salim@radiant-utama.com

Tanggapan 3 – farabirazy albiruni

Dear Pak Ramzy,

Mohon infonya ya Pak.

Lixiprofiler ini mirip dengan radioactive tracer ya? Berapa banyak dose untuk isotope Gadolinium yang diinjeksikan dalam sistem pipanya dan berapa lama umur paruhnya? Dan berapa harga isotop ini ?Hasil bacaan Lixiprofiler ini sudah kuantitatif say adalam wall thinning sudah menunjukkan ketebalan pipa?

Tanggapan 4 – Adha Novriansyah

Dear Rekans,

Mumpung masih hangat nih, karena kemarin kita baru saja trial alat LIXI PROFILER ini. Pak Anthony Ginting juga hadir pada saat trial koq, dan sepertinya beliau mau tahu apakah ada alat atau metode lain selain LIXI sebagai perbandingan.

Pak Abhie, betul kata anda, LIXI ini memakai prinsip Radiography, karena menggunakan Isotope Gadolinium. Namun dikarenakan dose-nya sangat rendah (1 curie), maka tidak diperlukan perlakuan seperti inspeksi dengan radiography. Waktu paruhnya Gadolinium ini informasinya sekitar 18 bulan pak (CMIIW). Adapun data hasil bacaannya sudah kuantitatif berupa ketebalan pipa, namun nilainya adalah nilai average bacaan. Secara prinsip, alat ini mengkonversi density dari material yang dilewati dan karena density metal jauh lebih besar dibandingkan insulasi, sehingga waktu proton melewati material tersebut akan jauh lebih lama, sehingga bisa dikonversikan ke wall thickness (CMIIW, soalnya baru belajar juga). Nantinya pada hand held-nya akan ditampilkan grafik ketebalan pipa, dari naik turunnya grafik inilah akan diinterpretasikan apakah ada pengurangan ketebalan pipa, ada blockage, dll.

Dengan LIXI PROFILER ini, kita bisa mengetahui :

Kondisi insulasi, apakah kering atau basah

Adanya CUI

Apakah ada blockage

Posisi welding pipa

Keterbatasannya (menurut saya) :

Tidak bisa mengukur pipa diatas 18” (diameter pipa + insulasi).
Peralatannya tidak explosion proof.
Mudah digunakan, namun perlu pelatihan & pengalaman untuk interprestasi dan evaluasi hasil bacaan.
Untuk detailnya, saya punya file presentasi alat ini dari pihak vendor penyedia jasa. Bagi yang benar2 membutuhkan silahkan e-mail via japri.