OAO Transneft Rusia akan memulai pengoperasian terminal minyak kereta api pada 15 Okt di Skovorodino, point akhir tahap pertama dari pipeline East Siberia-Pacific Ocean (ESPO), sumber resmi mengatakan.

Penulis : Eric Watkins

OAO Transneft Rusia akan memulai pengoperasian terminal minyak kereta api pada 15 Okt di Skovorodino, point akhir tahap pertama dari pipeline East Siberia-Pacific Ocean (ESPO), sumber resmi mengatakan.

Pusat kontrol project ESPO mengatakan terminal baru akan memuat minyak kedalam railroad tanker cars untuk mengangkut ke terminal ekspor di Kozmino Bay di Pacific Coast. Rail mengirim minyak yang akan berlanjut sampai tahap kedua dari ESPO line yang selesai pada tahun 2014-15, yang menghubungkan Skovorodino dan Kozmino secara langsung. Tahap pertama ESPO, yang akan berjalan dari Taishet ke Skovorodino, dijadwalkan akan diluncurkan pada 25 Desember.

Awalnya kira-kira 600,000 b/d akan mengalir sepanjang line, dengan 300,000 b/d ke China, sepanjang 67-km pipeline saat ini berdasarkan konstruksi dari Skovorodino. China akan mengirim minyak ke Daqing untuk refining.

Sisanya 300,000 b/d dari minyak mentah ESPO akan dibawa dengan KA dari Skovorodino ke Kozmino untuk mengekspor ke pasar Asia lainnya, terutama Jepang.

Sementara itu, Transneft minggu lalu menyiapkan proposal dalam sejumlah tariff mengangkut minyak untuk ekspor pada ESPO, yang efektif pada Januari 2010. “ Tarif jaringan akan dikalkulasikan selama tahun 2010 yang berbasis pada transportasi 15 juta ton minyak pada tahun 2010 dan 30 juta ton pada tahun 2011, termasuk 15 juta ton ke China,” kata Vice-President Transneft, Vladimir Kushnarev.

“Dengan introducing [the network tariffs], kami menyediakan tambahan stimulus untuk perusahaan minyak untuk mengembangkan lahan baru di Siberia, untuk itu meningkatkan volume pengiriman minyak mentah,” katanya.

Pemerintah Rusia awalnya menginstrusikan Federal Tariffs Service (FTS), Transneft, dan agensi lainnya akan memperkenalkan network tariff pada Januari. Awalnya FTS mengusulkan tariff 30-32 dolar/tonne yang berbasis pada preliminary calculations.

Sumber: www.ogj.com