Kalau kita bicara model design dimaksud ada baiknya kita melihat Design Requirement and Objective (DR&O) dimana salah satunya design mission yang salah satunya adalah pembebanan (pressurenya berapa misalnya) dan enviromentnya, baru dari sini dapat ditarik konseptual design, preliminary design, detail design, aspek manufactruing & teknologi, terakhir quality tentunya. ada beberapa critical area dalam model design tabung bertekanan tinggi tsb dalam masalah komposit yaitu di ‘semacam’ bulkhead-nya, maksudnya jika tabung tersebut kita pecah-pecah, bulkhead itu bagian ujung yang bentuknya seperti setengah bola. tapi ini dapat dengan bagus diketahui jurus pemecahannya dengan teknik ‘closed-loop’.

Tanya – Ashari@sulfindo

Mohon informasi mengenai design tabung tekanan tinggi ( misal tabung LPG utk rumah tangga, Fire Extungiser) yang terbuat dari material komposit. Standard apa yang digunakan serta jenis resin + serat yang dipakai. Maksimal pressure yang direkomendasikan (optimal)??

Terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – Agus Trilaksono

Ikutan rembuk ya…

Pak Ashari,

Kalau kita bicara model design dimaksud ada baiknya kita melihat Design Requirement and Objective (DR&O) dimana salah satunya design mission yang salah satunya adalah pembebanan (pressurenya berapa misalnya) dan enviromentnya, baru dari sini dapat ditarik konseptual design, preliminary design, detail design, aspek manufactruing & teknologi, terakhir quality tentunya. ada beberapa critical area dalam model design tabung bertekanan tinggi tsb dalam masalah komposit yaitu di ‘semacam’ bulkhead-nya, maksud saya jika tabung tsb kita pecah-pecah, bulkhead itu bagian ujung yang bentuknya seperti setengah bola. tapi ini dapat dengan bagus diketahui jurus pemecahannya dengan teknik ‘closed-loop’, tinggal pak ashari mencari alat dengan angle of arm yang cukup untuk mewujudkannya, tapi jangan kuatir pak apa yang kita diskusikan ini ‘indonesian minded’ source-nya domestik saja, bukan diawang-awang. sementara dari eksitensi gaya design ini termasuk tinggi, sehingga dalam permainan fiber orientation bagusnya unidirectional, sehingga beban dapat ditanggung fiber secara lebih optimal plus konsep ‘closed loop’ dapat diterapkan. oh ya..stress analysisnya two-dimesional problem ya supaya mudah. nah…dari hal diatas pak ashari bisa menarik juga standard yang cocok, fiber and resin specification berdasarnya design mission benda tsb, bagaimana cara menariknya silakan baca bukunya pak lubin (biarpun banyak ke arah aerostructure tapi general industry juga ok) atau juga baca MIL-17, atau juga buku laminate behaviour lainnya yang secara scientific background hampir sama. hati-hati juga masalah moisture absorbtion, karena bagaimanapun juga komposit termasuk bahan porous. dari beberapa hal tsb, mestinya sekarang pak ashari bisa lebih mudah memahami konsep design tabung bertekanan tinggi tsb. semoga cukup membantu.